Trio Perencana Serangan Natal di Australia Dihukum Penjara

    Medcom - 29 November 2019 12:07 WIB
    Trio Perencana Serangan Natal di Australia Dihukum Penjara
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Melbourne: Tiga pria telah dipenjara karena merencanakan serangan teror besar-besaran di Melbourne, Australia.

    Mereka yang terinspirasi oleh militan Islamic State (ISIS), berencana menggunakan parang dan bahan peledak untuk memaksimalkan korban selama periode Natal 2016.

    “(Serangan) itu adalah salah satu ancaman teror paling substansial ke Australia dalam beberapa tahun terakhir,” kata pihak Pemerintah Australia.

    Pengadilan memenjarakan Abdullah Chaarani dan Ahmed Mohamed selama 38 tahun. Sementara itu, Hamza Abbas dipenjara selama 22 tahun. Mereka yang semuanya berusia 20-an, dihukum tahun lalu setelah mengakui kejahatan mereka.

    "(Rencana itu) merupakan serangan terhadap nilai-nilai fundamental masyarakat kita," kata Hakim Christopher Beake di Mahkamah Agung Victoria, seperti dikutip dari BBC, Jumat 29 November 2019.

    Orang keempat ialah Ibrahim Abbas yang dipenjara selama 24 tahun pada 2017 karena perannya sebagai pemimpin kelompok terebut.

    Para jaksa penuntut menuturkan mereka menargetkan Federation Square dan landmark lainnya di pusat kota sebagai lokasi teror.

    Mereka telah merencanakan untuk membunuh orang menggunakan parang, senjata, dan rompi peledak yand telah dimodifikasi. Polisi menggagalkan rencana tersebut setelah mencegat pesan teks dan email kelompok tersebut.

    Mohamed kemudian mengatakan kepada pengadilan bahwa dia berpikir dengan serangan bom akan terlihat keren.

    Dia dan Chaarani bersaksi bahwa mereka telah menjadi radikal setelah menonton ISIS video online. Pasangan ini akan menjalani hukuman 28 tahun sebelum mereka memenuhi syarat untuk pembebasan bersyarat.

    Pengacara Hamza Abbas berpendapat bahwa ia memiliki ‘keterbatasan intelektual’ dan belum memahami sejauh mana rencana saudaranya Ibrahim Abbas. Dia diberi pembebasan bersyarat 16 tahun.



    Penulis: Fitri Nur Rizkyani



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id