Perkokoh Perdagangan, Harapan RI di Hari Kemerdekaan AS

    Marcheilla Ariesta - 05 Juli 2019 09:52 WIB
    Perkokoh Perdagangan, Harapan RI di Hari Kemerdekaan AS
    Pemotongan kue HUT AS ke-243 di Jakarta. (Foto: Marcheilla Ariesta)
    Jakarta: Perayaan Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) ke-243 yang dikenal dengan 4th of July di Jakarta berlangsung meriah. Dalam perayaan di Jakarta semalam, kedua negara berkomitmen untuk terus memperkuat kerja sama, terutama di bidang ekonomi.

    Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph. R Donovan Jr. mengatakan Indonesia dan Amerika Serikat memiliki kesamaan, yakni keragaman etnis dan demokrasi. Kesamaan ini menjadikan keduanya cocok yang menaikkan kerja sama menjadi kemitraan strategis.

    "Kemitraan strategis ini dibangun atas dasar nilai demokrasi dan toleransi yang tinggi di kedua negara," tutur Donovan dalam perayaan 4th of July di kediamannya, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

    Dia menambahkan, kepentingan bersama ini memungkinkan meningkatnya kerja sama, terutama di bidang perdagangan dan investasi. 

    "Karenanya kita berkumpul bersama saat ini untuk merayakan kemajuan luar biasa, seiring dengan merayakan prestasi dan menyongsong hubungan lebih baik lagi 70 tahun ke depan," serunya.

    Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang hadir memberikan pidato dalam perayaan ini mengatakan hubungan Indonesia dan AS selama 70 tahun terakhir sangat baik. Meski demikian, katanya, masih ada tantangan yang harus dihadapi kedua negara, terutama di bidang perdagangan.

    "Saya berharap Pemerintah Indonesia dan AS semakin memperkokoh hubungan kedua negara dalam benang perdagangan," kata Sri Mulyani.

    "Harapan kami perdagangan meningkat dua kali lipat, generalized system of preferences (GSP) diberikan, dan investasi tetap tinggi," imbuhnya.

    Sri Mulyani mengatakan AS merupakan salah satu mitra terbaik RI. Dia menambahkan AS merupakan investor terbesar di Indonesia.

    Hadir pula dalam perayaan ini Menteri Koordinator Bidang Hukum, Politik dan Keamanan Wiranto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi, dan beberapa duta besar negara sahabat yang ada di Indonesia.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id