comscore

Calonkan Diri di DK PBB, Kenya Belajar dari Indonesia

Marcheilla Ariesta - 05 Desember 2019 20:33 WIB
Calonkan Diri di DK PBB, Kenya Belajar dari Indonesia
Kenya ingin belajar dari Indonesia untuk menggalang dukungan.menjadi anggota DK PBB. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
Nusa Dua: Kenya mencalonkan diri sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB) periode 2021-2022. Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menlu Kenya Monica Juma menyampaikan keinginan mereka belajar dari Indonesia untuk menggalang dukungan.

"Mereka (Kenya) ingin mendengarkan pengalaman Indonesia saat kita mengikuti konstestasi pada saat kita mencalonkan diri sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB," kata Retno usai bilateral dengan Kenya di Nusa Dua, Bali, Kamis 5 Desember 2019.
Retno menjelaskan Indonesia melakukan kampanye secara intensif, baik melalui bilateral atau pun kegiatan internasional. Menurutnya, kampanye Indonesia mengandalkan track record selama ini.

"Karena kita tidak memiliki budget yang besar untuk mendukung pencalonan tersebut, kita memainkan track record Indonesia sebagai elemen yang kuat dan dapat dijual untuk memenangkan kontestasi tersebut," terangnya.

Dia juga membeberkan Indonesia mengirim utusan khusus untuk kampanye ke negara-negara PBB yang tidak sempat didatangi. "Intinya lebih ke membagikan pengalaman kita," terang Retno.

Sementara itu, kepada awak media, Menlu Juma menuturkan negaranya mengangkat tema perdamaian dan stabilitas demi tujuan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya, dengan isu lingkungan.

Juma berharap agar negaranya dapat terpilih dan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Indonesia untuk perdamaian dunia lewat DK PBB.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id