Kebakaran Hutan Australia Ciptakan Tornado Api Berbahaya

    Marcheilla Ariesta - 05 Januari 2020 20:19 WIB
    Kebakaran Hutan Australia Ciptakan Tornado Api Berbahaya
    Kebakaran hutan telah menghanguskan ratusan rumah di Australia sejak Oktober 2019. (Foto: AFP)
    New South Wales: Kebakaran hutan di Australia menciptakan badai petir berbahaya dan tornado api. Kebakaran hutan menciptakan sistem cuaca sendiri.

    "Sebuah badai petir yang dihasilkan api telah terbentuk di atas kebakaran Currowan di tepi utara api dekat Nowra. Ini adalah situasi yang sangat berbahaya," kata New South Wales Rural Fire Service dikutip dari Express.uk, Minggu, 5 Januari 2020. 

    Kebakaran hutan menjadikan Australia negara terpanas di Bumi dengan suhu mencapai 48,9 derajat celsius. Evakuasi warga dinilai sudah terlambat akibat badai petir yang dihasilkan dari kebakaran hutan.

    Petugas pemadam kebakaran meminta warga berlindung ke tempat aman. Lebih dari 200 kebakaran hutan terjadi di New South Wales dan Victoria. Apalagi, saat ini kebakaran sudah mencapai Penrith, pinggiran Sydney. 

    Perdana Menteri Australia Scott Morrison kemarin memanggil 3.000 pasukan cadangan akibat meningkatnya ancaman kebakaran hutan. Semalam, Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II mengirimkan pesan belasungkawa. 

    “Saya sangat sedih mendengar kebakaran hutan yang berlanjut dan dampak buruknya di banyak bagian Australia. Pangeran Philip dan saya mengirimkan pikiran dan doa kami kepada semua orang Australia pada saat yang sulit ini," kata sang ratu.

    Sebanyak 23 orang meninggal akibat kebakaran hutan dan ribuan lainnya mengungsi karena kehilangan rumah. Kelompok pelindung hewan WWF menyebut banyak hewan liar juga mati.




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id