Pemilu Lokal Korut Diikuti 99,98 Persen Warga

    Willy Haryono - 22 Juli 2019 10:19 WIB
    Pemilu Lokal Korut Diikuti 99,98 Persen Warga
    Warga melihat daftar nama kandidat sembari menunggu menggunakan hak pilih dalam pemilu Majelis Rakyat Tertinggi di Pyongyang, Korut, 10 Maret 2019. (Foto: AFP/ED JONES)
    Pyongyang: Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum lokal, Minggu 21 Juli 2019. Tingkat keikutsertaan warga dalam pemilu kali ini mencapai 99,98 persen.

    Pemilu di Korut secara substansial adalah sebuah ritual politik. Sejumlah pengamat menilai pemilu digelar agar otoritas Korut dapat mengklaim mandat populer sembari memperkuat loyalitas terhadap rezim Kim.

    Tingkat keikutsertaan warga dalam pemungutan suara ini meningkat 0,01 persen dari pemilu lokal Korut 2015.

    "Hanya warga yang sedang berada di luar negeri atau bekerja di tengah laut saja yang tidak dapat menggunakan hak pilih mereka," tulis artikel di kantor berita KCNA, dan dilansir AFP, Senin 22 Juli 2019.

    Korut menggelar pemilu lokal setiap empat tahun sekali untuk memilih perwakilan di pemerintah provinsi, kota dan kabupaten.

    Karena Korut dijalankan satu partai, maka warga hanya menggunakan hak pilihnya untuk memilih pilihan "iya" terhadap sejumlah kandidat yang telah ditetapkan rezim.

    Rezim Korut mengklaim tingginya tingkat keikutsertaan warga sebagai contoh dari "kesatuan kuat" dari "sosialisme rakyat bergaya Korea."

    Dalam pemilu kali ini, Kim mendatangi sebuah tempat pemungutan suara di provinsi Hamgyong Utara dan memilih dua kandidat bernama Ju Song Ho dan Jong Song Sik.

    "Beliau mendorong mereka untuk menjadi pelayan rakyat yang bekerja dengan baik," tulis KCNA, merujuk pada Kim.

    Pada 2014, Kim pernah mencalonkan diri sebagai pemimpin Majelis Rakyat Tertinggi Korut. Suara dukungan 100 persen diterima Kim kala itu.

    Anak termuda dari Kim Jong-il, Kim Jong-un adalah cucu dari pendiri Korut Kim Il-sung. Sang kakek mendirikan Republik Demokratik Rakyat Korea -- nama resmi dari Korut -- di tahun 1948.

    Baca: 10 Momen Penting Kepemimpinan Kim Jong-un



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id