Serangan Udara di Afghanistan Tewaskan 40 Tamu Pernikahan

    Arpan Rahman - 24 September 2019 11:19 WIB
    Serangan Udara di Afghanistan Tewaskan 40 Tamu Pernikahan
    Warga membawa salah satu korban tewas serangan udara di Lashkar Gah, provinsi Helmand, Afghanistan, Senin 23 September 2019. (Foto: AFP/NOOR MOHAMMAD)
    Helmand: Sedikitnya 40 orang tewas dalam serangan udara di sebuah pesta pernikahan di Lashkar Gah, provinsi Helmand, Afghanistan, Senin 23 September 2019. Serangan diduga dilancarkan pasukan Afghanistan yang sedang memburu sekelompok militan.

    Sejumlah warga dan pejabat setempat di Helmand menceritakan bahwa serangan terjadi di tengah berlangsungnya pesta pernikahan.

    Majeed Akhundzada, seorang anggota dewan provinsi Helmand, mengatakan kepada AFP bahwa serangan itu melibatkan militer Afghanistan dan juga pasukan asing.

    "Sekitar 40 orang tewas dan 18 lainnya terluka, yang semuanya telah dilarikan ke rumah sakit. Semua korban adakah warga sipil," kata dia.

    Sher Mohammad Akhundza, seorang senator provinsi Helmand, juga menyebutkan angka yang sama.

    Pemerintah Afghanistan melalui juru bicara Kementerian Pertahanan Fawad Aman mengonfirmasi kepada AFP bahwa pihaknya memang telah melancarkan serangan ke sebuah kompleks yang diyakini menampung militan dari kelompok Taliban dan juga al-Qaeda di Helmand.

    Aman menyebut pertempuran kala itu berlangsung selama lebih kurang satu jam, yang diikuti aksi bom bunuh diri seorang militan.

    Menurut keterangan Aman, "sedikitnya 22 teroris tewas dan 14 lainnya terluka" dalam operasi tersebut. Ia menyebut otoritas Afghanistan tengah menyelidiki klaim mengenai kematian 40 warga sipil.

    Meski mengaku telah melancarkan operasi militer di Helmand, Aman menegaskan pihaknya tidak melancarkan serangan udara malam itu.

    Pernyataan Aman bertentangan dengan Gubernur Helmand, yang mengatakan bahwa para militan tewas dalam "serangan udara" dan operasi darat.

    Walau Afghanistan memiliki angkatan udara mumpuni, sebagian besar serangan udara di Afghanistan dilakukan atau dibantu Amerika Serikat.

    Hingga saat ini belum ada komentar lebih lanjut dari AS maupun NATO mengenai serangan udara di Helmand.

    Perserikatan Bangsa-Bangsa mencatat adanya lonjakan kematian warga sipil akibat serangan udara di Afghanistan tahun lalu. Peningkatan terjadi saat pasukan Afghanistan dan AS meningkatkan operasi pengeboman terhadap Taliban dan juga grup Islamic State atau ISIS.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id