Enggan Dideportasi, Rohingya di India Kabur ke Bangladesh

    Sonya Michaella - 11 Januari 2019 11:32 WIB
    Enggan Dideportasi, Rohingya di India Kabur ke Bangladesh
    Pengungsi Rohingya di India. (Foto: AFP)
    Dhaka: Ratusan pengungsi Rohingya memilih untuk melintas perbatasan dari India ke Bangladesh ketimbang dideportasi ke Myanmar. Pemulangan terakhir dilakukan oleh India kepada satu keluarga Rohingya, awal bulan ini.

    Menurut seorang pejabat kepolisian di perbatasan Bangladesh Timur, para pengungsi Rohingya panik setelah India mulai menahan mereka dan ingin mendeportasi ke Myanmar.
    "17 Rohingya kami tahan karena menyeberang ke Bangladesh. Ada 31 orang lainnya di titik perbatasan yang berbeda. Sebagian besar telah tinggal di India selama enam tahun," kata pejabat anonim tersebut, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 11 Januari 2019.

    Baca: Masuk Tanpa Izin, India Deportasi Lima Orang Rohingya

    Para pengungsi ini datang dari Hyderabad, Jammu dan Kashmir. Hyderabad merupakan salah satu kota besar di India selatan dan Jammu serta Kashmir adalah wilayah minoritas Muslim yang dikendalikan India.

    Sementara itu di Cox's Bazar, distrik perbatasan di Bangladesh yang menjadi lokasi pengungsian sekitar 720 ribu warga Rohingya, dilaporkan sedikitnya 57 warga Rohingya baru tiba dari India dalam beberapa hari terakhir. 

    Pemerintah India menginginkan deportasi Rohingya kembali ke Myanmar dilakukan secepat mungkin. Dilaporkan, sekitar 40 ribu Rohingya kini masih tinggal di India.

    India, yang tidak menandatangani Konvensi Pengungsi PBB, mulai menangkap pengungsi Rohingya sejak 2018. Terhitung, ada 230 orang Rohingya yang ditahan oleh otoritas India.  




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id