Telantar di Malaysia, Jemaah Umrah WNI Dipulangkan

    Marcheilla Ariesta - 28 Februari 2020 17:56 WIB
    Telantar di Malaysia, Jemaah Umrah WNI Dipulangkan
    Arab Saudi menunda kedatangan jemaah Umrah dari negara yang diduga menjadi penular virus korona. Foto: AFP
    Kuala Lumpur: Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur terus memantau situasi di bandaran KLIA 1 dan 2 terkait jemaah umrah Indonesia yang transit. Hasil dari pantauan tersebut, sejumlah rombongan umrah Indonesia akan segera dipulangkan.

    Baca: Jemaah Umrah Indonesia dan Malaysia Telantar di Bandara KLIA.

    "Per hari ini, jam 16.00 (waktu setempat), ada rombongan umrah WNI dari Muscat, Oman, berjumlah 93 orang telah kembali ke Jakarta pukul 13.45," kata Agung Cahaya Sumirat, Konselor Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Kuala Lumpur, kepada Medcom.id, Jumat, 28 Februari 2020.

    Dia menuturkan para WNI ini belum tiba di Jeddah. Dia juga menambahkan, ada lagi rombongan lain yang semua transit di Singapura dan sudah direncanakan kembali ke Jakarta malam ini.

    Sebelumnya, jemaah asal Indonesia, Muhammad Jamil Arfah, 28, mengatakan dia dan 23 jemaah lainnya tiba di KLIA dari Makassar pada pukul 15.00 waktu setempat untuk transit.
     
    "Penerbangan kami seharusnya pukul 21.00 malam ini, tetapi dibatalkan. Kami saat ini sedang menunggu keputusan apakah akan kembali (ke Makassar) atau masih bisa terbang ke Arab Saudi," terangnya.

    Arab Saudi mengumumkan penghentian sementara kunjungan para peziarah ke Masjid Nabawi sebagai tindakan pencegahan dan proaktif mengekang penyebaran wabah COVID-19. Pemerintah Negeri Kerajaan Teluk itu juga sementara menangguhkan masuknya pengunjung dari negara-negara yang terkena dampak COVID-19 yang pergi dengan visa turis.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id