Hubei Klaim Inkubasi Korona Dapat Mencapai 27 Hari

    Willy Haryono - 22 Februari 2020 14:13 WIB
    Hubei Klaim Inkubasi Korona Dapat Mencapai 27 Hari
    Seorang staf bekerja mendorong peralatan medis di tengah wabah korona di Tiongkok. (Foto: AFP / GREG BAKER)
    Hubei: Pemerintah provinsi Hubei mengklaim masa inkubasi virus korona COVID-19 dapat mencapai 27 hari. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa masa inkubasi korona adalah 14 hari atau dua pekan. 

    Dilansir dari The Globe and Mail, Sabtu 22 Februari 2020, klaim terbaru didasarkan pada seorang pasien berusia 70 tahun di Hubei. Pasien tersebut diklaim otoritas Hubei baru memperlihatkan gejala penyakit 27 hari usai dinyatakan positif terjangkit virus korona COVID-19. 

    Pasien itu, diidentifikasi sebagai pria bernama Jiang, diyakini tertular virus korona COVID-19 dari kakak perempuannya pada 24 Januari. Menurut pernyataan otoritas Hubei, Jiang mengalami demam pada 20 Februari, dan dinyatakan positif terjangkit korona satu hari setelahnya.

    Jika klaim otoritas Hubei ini terbukti benar, maka upaya mengendalikan wabah korona di seantero Tiongkok akan semakin sulit.

    Sejak Desember 2019, virus korona COVID-19 telah menewaskan lebih dari 2.200 orang di Tiongkok, terutama di provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebarannya. Total kematian akibat korona di Tiongkok per Sabtu ini telah mencapai 2.345.
     
    Untuk pasien sembuh virus korona, jumlahnya telah melampaui total 21 ribu orang yang merupakan gabungan dari data Tiongkok dan puluhan negara lainnya.

    Sementara itu, Iran dan Korea Selatan menjadi dua negara sorotan di tengah wabah korona. Iran melaporkan adanya empat kematian, sedangkan Korsel dua.

    WHO khawatir melihat adanya tren penaikan kasus korona di luar Tiongkok, meski angkanya jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan Negeri Tirai Bambu.

    Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan 'jendela kesempatan' untuk mengendalikan wabah korona di panggung global sudah semakin tertutup. Namun ia optimistis WHO dan negara-negara global masih bisa mengalahkan wabah ini.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id