Kemenlu dan Kadin Bersinergi Perkuat Diplomasi Ekonomi

    Marcheilla Ariesta - 08 Januari 2020 08:26 WIB
    Kemenlu dan Kadin Bersinergi Perkuat Diplomasi Ekonomi
    Wamenlu Mahendra Siregar dalam Welcoming Cocktail Reseption di Jakarta, Selasa 7 Januari 2020. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), menerima para duta besar dan kepala perwakilan RI yang berada di luar negeri. Pertemuan digelar untuk memaksimalkan diplomasi ekonomi Indonesia di semua negara.

    Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar menyebutkan akan ada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemenlu dan Kadin untuk sinergi penguatan diplomasi ekonomi ini.

    "Menlu Retno Marsudi akan menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Pak Rosan (Ketua Kadin) untuk bersama-sama menjalankan dan membangun sinergi mencapai apa yang menjadi salah satu prioritas pemerintah dan perwakilan RI di luar negeri yaitu diplomasi ekonomi," tutur Mahendra dalam Welcoming Cocktail Reseption di Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.

    Dalam kegiatan ini, Mahendra juga menjelaskan bentuk kerja sama antara Kemenlu RI dan Kadin. Nantinya, kedua pihak akan menyusun dan merumuskan program, komitmen serta aktivitas bersama. Basis penguatan kerja sama telah dilakukan Kemenlu, yaitu dengan memetakan produk unggulan untuk setiap perwakilan.

    "Apa yabg dipromosikan itu memang betul-betul cocok dan dibutuhkan oleh pasar setempat. Karena kalau di waktu yang lalu, seringkali pada saat kita mempromosikan, pertama kita tidak tahu apa yang harus dipromosikan, dan barangnya ada atau tidak," seru dia.

    Mahendra mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi kini berada di titik terendah selama sepuluh tahun terakhir. Pertumbuhan perdagangan juga mencapai titik terendah dalam 25 tahun terakhir.

    Namun, Indonesia tetap mengalami pertumbuhan 5 persen di 2019. Defisit perdagangan juga berkurang dalam periode Januari hingga November 2019, dari USD7,6 miliar menjadi USD3,1 miliar.

    Tak hanya itu, sektor investasi juga diperkirakan meningkat 15 persen lebih tinggi dari target yang dikisarkan Rp800 triliun. Di tengah memanasnya isu global dan tantangan dunia, performa ekonomi Indonesia dinilai tetap baik dan cenderung meningkat.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id