MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Jokowi-Ma’ruf Berjaya di Jepang

    Sonya Michaella - 19 April 2019 11:37 WIB
    Jokowi-Ma’ruf Berjaya di Jepang
    Paslon 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin dilaporkan menang telak di Jepang. (Foto: AFP).
    Tokyo: Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin meraih kemenangan di wilayah Tokyo dan Osaka, Jepang. Jokowi-Ma’ruf memperoleh 5.955 suara di Tokyo dan 2.066 di Osaka.

    Baca juga: Jokowi Menang Telak dari Prabowo di Finlandia.
    Berdasarkan keterangan tertulis dari PPLN Tokyo kepada Medcom.id, Jumat 19 April 2019, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno hanya dapat meraup 3.534 suara di Tokyo dan 1.356 suara  di Osaka.

    Selain itu untuk suara pemilu legislatif, PKS dan PDIP menjadi peraih suara tertinggi di wilayah kerja PPLN Tokyo dengan suara sebesar 1.869. Sementara PDI-P meraih 1.727 suara.

    Pemilu di Tokyo mendapat antusias yang tinggi dari WNI yang terlihat dari antrian panjang calon pemilih sejak pagi sampai malam, pada 13 April lalu.

    Tercatat jumlah pemilih yang menyalurkan surat suaranya tercatat sebanyak 1.937 pemilih dari 2.222 calon pemilih. Dengan demikian, persentase partisipasi pemilu mencapai 87,17 persen. Dari sisi partisipasi dan jumlah pemilih, pemilu tahun ini merupakan yang tertinggi di Tokyo.

    Penghitungan suara dilakukan di Balai Indonesia pada 17 April 2019 yang dimulai pukul 08.00 pagi waktu setempat dengan pembukaan dan pemilahan amplop pelayanan pemungutan suara melalui pos. Selanjutnya proses penghitungan suara dilakukan bersamaan dengan waktu penghitungan di dalam negeri.

    Dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan suara rata-rata di atas 54 persen, sedangkan rivalnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sekitar 44 persen.

    Baca juga: Sekjen OKI Ucapkan Selamat Atas Kesuksesan Pemilu Indonesia

    Namun, kubu Prabowo enggan mengakui hasil hitung cepat yang disiarkan sejumlah media nasional. Dia mengeklaim pihaknya sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 berdasarkan penghitungan internal jajarannya. Relawan pun diminta mengawal suara di daerah.
     
    Sementara itu, Ketua Komisi pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan hasil hitung cepat hanya bisa dijadikan sebuah referensi. KPU akan mengumumkan resmi hasil perhitungan suara yang sah pada 22 Mei 2019.


    Untuk hasil lengkap hitung cepat dalam diakses melalui:
    https://www.medcom.id/quickcount



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id