Pekerja Migran di Korsel Belajar Bisnis Kuliner

    22 April 2019 09:22 WIB
    Pekerja Migran di Korsel Belajar Bisnis Kuliner
    Para pekerja migran Indonesia belajar bisnis kuliner dari pemilik restoran Bali Bistro di Seoul, Korsel, 21 April 2019. (Foto: KBRI Seoul)
    Seoul: KBRI Seoul kembali menyelenggarakan pertemuan Kelompok Belajar bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Kali ini, 35 PMI yang akan selesai kontrak dan pulang ke Indonesia pada akhir tahun 2019 dengan penuh semangat mengikuti paparan dari pemilik Restoran Bali Bistro, Jaka alias Lee Gi-dong, di wilayah Seoul. 

    "Mengelola bisnis kuliner tidak seindah yang rekan-rekan bayangkan. Namun jika tekun dan ulet, bukan tidak mungkin akan dapat menghidupi keluarga Anda," ujar Jaka, yang 20 tahun lebih tinggal di kota Bandung, dalam keterangan tertulis KBRI Seoul yang diterima Medcom.id, Senin 22 April 2019.

    Jaka menambahkan bahwa ada beberapa tips agar usaha restoran dapat berkembang. Pertama, pikirkan jenis makanan yang akan dijual, yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

    Kedua, "Keep It Small" dan jangan tergiur dengan keuntungan besar. Ketiga, promosi dan memperkenal produk harus dilakukan secara terus menerus. Promosi mulai saja dengan word of mouth atau dari mulut ke mulut.

    Keempat, siapkan satu atau dua menu spesial restoran dan beritahukan ke pelanggan. Kelima, harga harus sesuai porsi, nilai plus makanan, dan rasa. Keenam, untuk membuka usaha kuliner, pemilik harus paham mengenai makanan dan masuk dapur. 

    Di akhir pertemuan, peserta diajak praktik memasak satu makanan terkenal Korea, yakni Kimbab. Kimbab adalah kuliner khas Negeri Gingseng yang terdiri dari nasi yang dicampur dengan berbagai jenis makanan dan dibungkus dengan rumput laut. Bumbu yang dipakai semuanya dari Indonesia. 

    Fajar Santoso, salah satu peserta kelompok belajar, berterima kasih kepada KBRI Seoul yang telah menyelenggarakan acara ini. Menurutnya, kelompok belajar Kampung Korea sangat bagus, terlebih tim mentor datang langsung dari pelaku bisnis. "Lanjutkan," tegas Fajar, PMI asli Solo.

    Bali Bistro merupakan restoran yang menjual masakan Indonesia di wilayah Seoul. Restoran ini dibangun sejak 2013 dengan 18 jenis makanan Indonesia. Makanan khas dari restoran ini adalah Nasi Goreng, Mie Ayam dan Sate Ayam.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id