Tiongkok Dukung Usul Indonesia Bentuk Satgas Informasi Korona

    Marcheilla Ariesta - 21 Februari 2020 16:10 WIB
    Tiongkok Dukung Usul Indonesia Bentuk Satgas Informasi Korona
    Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Deng Xijun. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
    Jakarta: Indonesia mengusulkan pembentukan ASEAN-China Ad-Hoc Health Ministers Joint Task Force untuk mengumpulkan segala informasi mengenai virus korona COVID-19. Langkah ini didukung Pemerintah Tiongkok.

    "Apa pun inisiatif atau proposal, kerja sama kondusif untuk merespons penyebaran virus, akan mendapat dukungan dari Tiongkok," kata Duta Besar Tiongkok untuk ASEAN Deng Xijun dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat 21 Februari 2020.

    Baca juga: Indonesia Dorong ASEAN-Tiongkok Kerja Sama Atasi Korona.

    Dia menambahkan per awal bulan ini sudah mulai ada kerja sama antara ASEAN Plus 3 (Three), yakni dengan Tiongkok, Korea Selatan (Korsel) dan Jepang.

    "Sudah ada konferensi video antara para dokter ahli untuk berbagi informasi," imbuhnya.

    Menurut Deng, pertukaran informasi akan sangat membantu Tiongkok dan ASEAN dalam mengatasi penyebaran dan pencegahan virus COVID-19 ini.

    Dalam pernyataan bersama para menteri luar negeri ASEAN dan Tiongkok, disebutkan adanya rencana implementasi nota kesepahaman (MoU) Kerja Sama Kesehatan. Implementasi MoU ini berfungsi untuk memperkuat dialog dan pertukaran perkembangan terakhir dari COVID-19.

    "Termasuk kontrol dan perawatan, serta studi dan penelitian dengan mekanisme terkiri, seperti dalam Pertemuan Menteri Kesehatan ASEAN-Tiongkok, dan Pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN-Tiongkok terkait Perkembangan Kesehatan," demikian isi pernyataan bersama para menlu ASEAN-Tiongkok.

    Deng Xijun mengatakan hubungan ASEAN dan Tiongkok tidak akan terpengaruh dengan adanya virus korona COVID-19. Penguatan kerja sama bahkan dilakukan dalam pertemuan menteri luar negeri ASEAN dan Laos di Vientiane, Laos, pada 19-20 Februari kemarin.

    Pertemuan ini, ungkap Deng, membuat Tiongkok percaya diri untuk menyelesaikan dan mencari solusi penyebaran virus. Dia menegaskan bahwa dukungan dari ASEAN sangat penting bagi pemerintahnya untuk mengatasi epidemi COVID-19.




    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id