Tentara AS Tewas Diserang, Taliban Klaim Tanggung Jawab

    Fajar Nugraha - 23 Desember 2019 13:39 WIB
    Tentara AS Tewas Diserang, Taliban Klaim Tanggung Jawab
    Pasukan Amerika Serikat (AS) yang bertugas di Afghanistan. Foto: AFP
    Kabul: Konvoi pasukan Amerika Serikat (AS) yang berada di Afghanistan diserang oleh kelompok bersenjata. Pihak Taliban mengaku sebagai pelaku serangan ini.

    Menurut Pasukan Koalisi AS-Afghanistan, satu anggota pasukan Amerika tewas dalam pertempuran Minggu, 22 Desember 2019 setelah serangan. Namun pihak Amerika tidak merilis informasi tambahan.

    Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang juga melukai beberapa lainnya.

    Dalam pesan WhatsApp kepada AFP, Senin 23 Desember 2019, Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan, “gerilyawan meledakkan kendaraan Amerika di distrik Char Dara di Kunduz pada Minggu malam”.

    Pembunuhan itu kemungkinan akan memiliki konsekuensi untuk pembicaraan berkelanjutan antara AS dan Taliban. Presiden Donald Trump pada September menyatakan negosiasi gagal setelah Taliban membunuh seorang prajurit AS dalam pengeboman Kabul.

    Negosiasi telah dimulai kembali di Doha, tetapi awal bulan ini melakukan jeda setelah pengeboman lagi. Kali ini di pangkalan udara Bagram di utara Kabul.

    Setidaknya 20 tentara Amerika tewas dalam aksi di Afghanistan tahun ini setelah pengumuman Senin. Kondisi itu menjadikan 2019 yang paling mematikan bagi pasukan AS sejak operasi tempur resmi selesai pada akhir 2014, dan menyoroti situasi keamanan yang menantang yang bertahan di sebagian besar Afghanistan.

    Lebih dari 2.400 tentara AS tewas dalam pertempuran di Afghanistan sejak invasi pimpinan AS pada Oktober 2001.

    Serangan itu terjadi satu hari setelah para pejabat mengumumkan hasil awal dalam pemilihan presiden Afghanistan yang menempatkan Presiden Ashraf Ghani di jalur untuk mengamankan masa jabatan kedua. Taliban telah lama memandang Ghani sebagai antek Amerika.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id