Indonesia Siap Bantu Negara Pasifik

    Sonya Michaella - 22 Oktober 2019 09:36 WIB
    Indonesia Siap Bantu Negara Pasifik
    Indonesia meluncurkan Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (Indonesian AID). Foto: Medcomid/Sonya Michaella
    Jakarta: Indonesia meluncurkan lembaga bantuan  bertajuk Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (Indonesian AID). Lembaga ini berfungsi untuk menjalin perkuatan kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara-negara lain yang membutuhkan bantuan.

    Lima negara Pasifik menjadi penerima bantuan dari lembaga ini, yaitu Fiji, Nauru, Tuvalu, Solomon, dan Kiribati. Namun, dua negara masih dalam penggodokan antara lain Solomon dan Kiribati.

    “Tiga negara sudah menandatangani kesepakatan di New York yaitu Fiji, Nauru, dan Tuvalu. Kenapa Pasifik jadi penerima bantuan? Harus diingat ini mencakup juga konsep Indo-Pasifik Indonesia,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI Cecep Herawan di Jakarta, Senin 21 Oktober 2019.

    Cecep menambahkan, ke depan kawasan Pasifik, Asia Selatan, dan Afrika menjadi prioritas Indo-Pasifik agar konsep ini benar-benar bermanfaat secara nyara untuk Indonesia dan negara-negara kawasan.

    “Untuk Fiji, kami akan memberikan bantuan perbaikan sekolah Queen Victoria yang termasuk sekolah unggulan di Fiji. Sekolah ini juga merupakan pemberian Indonesia saat Fiji terkena badai,” ucap Cecep. 

    Pembangunan sekolah di Fiji ini merupakan pembangunan lanjutan. Komitmen Indonesia pun sudah disampaikan meski implementasinya masih dibicarakan. 

    “Untuk Nauru, ada kebutuhan untuk menjual Sumber Daya Alam mereka ke negara-negara sekitar. Jadi Indonesia membantu menyediakan alat transportasi yaitu tongkang,” tutur dia. 

    Sementara itu untuk Tuvalu, Indonesia membantu negara tersebut saat Tuvalu menjadi tuan rumah KTT PIF tahun ini. 



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id