Kebakaran Hutan Australia Hanguskan Tiga Rumah WNI

    Marcheilla Ariesta - 08 Januari 2020 07:16 WIB
    Kebakaran Hutan Australia Hanguskan Tiga Rumah WNI
    Kebakaran hutan di Australia telah berkobar sejak September 2019. (Foto: AFP)
    Jakarta: Kebakaran hutan terus meluas seantero Australia, termasuk di bagian selatan. Tiga rumah Warga Negara Indonesia (WNI) di wilayah tersebut dikabarkan ikut ludes dilalap api.

    "Ada dua WNI di New South Wales yang rumahnya terbakar. Keduanya sudah dievakuasi ke tempat aman. Di Melbourne, ada satu orang (WNI)," kata Duta Besar RI untuk Australia, Kristiarto Legowo di Jakarta, Selasa 7 Januari 2020.

    Dubes Kristiarto mengatakan semua perwakilan Indonesia di Australia telah menyampaikan kepada seluruh WNI di Negeri Kanguru untuk mengikuti semua imbauan dari pemerintah, baik federal maupun negara. Seluruh WNI di Australia juga sudah diberikan nomor-nomor hotline yang dapat dihubungi bila mereka membutuhkan bantuan.

    Sang dubes berharap tidak ada WNI yang menjadi korban dalam krisis kebakaran hutan di Australia. 

    Terdapat hampir 70 ribu WNI di Australia, yang mayoritasnya merupakan mahasiswa. Kebanyakan dari mereka tinggal di pusat-pusat kota yang dekat dengan kampus.

    Pemerintah Indonesia telah menawarkan bantuan terkait krisis kebakaran hutan di Australia. Dubes Kristiarto mengatakan, penawaran bantuan telah disampaikan secara terbuka oleh Menteri Luar Negeri Retno.

    "Kita sudah siap, Ibu Menlu secara terbuka menyampaikan kesiapan Indonesia untuk membantu. Dan tentunya, kita perlu mendengar jawaban dari Australia. Apa yang mereka butuhkan di lapangan," ujar Dubes Kristiarto.

    Kebakaran hutan yang melanda Australia dilaporkan telah menghanguskan jutaan hektare lahan sejak pertama kali berkobar pada September tahun lalu. Kebakaran juga menewaskan 24 orang, menghancurkan 1.200 rumah serta membuat ribuan hewan ternak mati.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id