Indonesia-AS Edukasi Warga Terkait Pemakaian Plastik

    Sonya Michaella - 27 Maret 2019 16:26 WIB
    Indonesia-AS Edukasi Warga Terkait Pemakaian Plastik
    Dubes AS Joseph Donovan Jr bersama pemerintah Indonesia kerja sama edukasi sampah plastik. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
    Jakarta: Sampah plastik masih menjadi permasalahan hampir di semua negara di dunia, termasuk Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Bahkan, Indonesia menjadi salah satu penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

    Baca juga: AS Hibahkan Rp18 Miliar untuk Pengelolaan Sampah di Indonesia.

    Sampah plastik juga merupakan salah satu tantangan yang dihadapi pemerintah AS. Untuk itu, AS mengajak Indonesia bekerja sama memerangi sampah plastik lewat dana hibah yang diberikan ke enam organisasi masyarakat penanggulangan sampah plastik di Indonesia

    “Upaya memerangi sampah plastik masih terus dilakukan. Saya rasa Indonesia terus melakukan upaya ini, begitu juga di Amerika,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan, di Jakarta, Rabu 27 Maret 2019.

    Donovan menambahkan, saat ini AS masih terus mencoba membangun tempat pengelolaan sampah yang cukup besar. Selain itu, mengedukasi masyarakat pun dirasa penting.

    “Menurut saya, masyarakat juga harus diedukasi pentingnya mengurangi penggunaan plastik. Di AS juga sedang digalakkan edukasi tersebut,” ujar Donovan.

    Di samping itu, AS dan Indonesia juga sempat berdiskusi terkait pengurangan sampah plastik. Misalnya, upaya sosialisasi kepada masyarakat, penggunaan teknologi maupun program implementasi.

    Menurut data yang dihimpun, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton pertahun, yang di antaranya sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. 

    Sampah plastik yang masuk ke laut tersebut  dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil yang disebut microplastics dengan ukuran 0,3 – 5 milimeter. Microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh hewan-hewan laut dan sangat berbahaya bagi ekosistem laut.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id