Kapal "Hantu Pesisir Jawa" Teridentifikasi di Indonesia

    Willy Haryono - 19 Agustus 2014 17:29 WIB
    Kapal
    Salah satu kapal perang AS, USS Blue Ridge -- STR / AFP
    medcom.id, Pearl Harbor: Tim penyelam angkatan laut Amerika Serikat dan Indonesia mengonfirmasi kapal karam di Laut Jawa adalah USS Houston, sebuah kapal kruiser yang ditenggelamkan pasukan Jepang di Perang Dunia II.

    Jepang menenggelamkan Houston dalam Pertempuran Selat Sunda pada 28 Februari 1942. Kapal itu mengangkut 1.068 kru, namun hanya 291 yang selamat, dan langsung menjadi tahanan perang.

    Komandan Armada Pasifik AS Admiral Harry Harris mengatakan pada Senin (18/8/2014) bahwa para penyelam telah mendokumentasikan beragam bukti terkait Houston. Terdapat sejumlah indikasi badan kapal telah rusak karena beragam hal.

    "Dalam diskusi saya dengan angkatan laut Indonesia, mereka sama-sama mempunyai kesadaran untuk melindungi lokasi kapal karam ini," ucap Harris seperti dikutip foxnews.

    "Memantau lokasi (kapal karam) merupakan langkah awal dari menghormati jasa para pejuang yang berkorban untuk kemerdekaan kita saat ini," tambah dia.

    Pusat Sejarah dan Warisan Angkatan Laut AS mengonfirmasi data yang direkam penyelam konsisten dengan identifikasi USS Houston.

    USS Houston sempat dijuluki "Hantu Pesisir Jawa." Angkatan Laut AS menyebut kapal karam ini merupakan situs pariwisata populer.

    Diperkirakan masih ada sekitar 17 ribu kapal dan pesawat di dasar laut di berbagai belahan dunia.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id