Korsel Nilai Perekonomian ASEAN Berkembang Pesat

    Sonya Michaella - 02 September 2019 14:50 WIB
    Korsel Nilai Perekonomian ASEAN Berkembang Pesat
    Dubes Korsel untuk Indonesia Kim Chang-beom. (Foto: MI/ PERMANA)
    Jakarta: Korea Selatan menilai pertumbuhan ekonomi negara-negara ASEAN berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karenanya, Korsel tertarik untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan para anggotanya.

    Saat ini, Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in sedang mengunjungi Thailand dan akan dilanjutkan ke Myanmar serta Laos. Kunjungan ini membuktikan kuatnya komitmen kerja sama Korsel dengan negara-negara anggota ASEAN.

    Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang-beom mengungkapkan, kunjungan Moon melengkapi lawatannya di Asia Tenggara, dengan Indonesia sebagai negara tujuan pertama pada 2017.

    "ASEAN dan Korsel memiliki banyak sekali kesamaan. Kami tentu akan meningkatkan kerja sama dengan ASEAN dan bilateral dengan 10 negara anggotanya," kata Kim, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin 2 September 2019.

    "Kami tentu akan bergabung dengan ASEAN untuk mewujudkan single market yang juga disertai dengan komunitas yang luas jangkauannya, terutama ke pertukaran budaya," ungkapnya.

    Di bidang politik, Korsel mengapresiasi peran ASEAN yang juga mendukung perdamaian Semenanjung Korea. Dibuktikan dengan Konferensi Tingkat Tinggi Amerika Serikat-Korea Utara yang berlokasi di dua negara anggota ASEAN, Singapura dan Vietnam.

    Kesediaan Singapura dan Vietnam menjadi tempat bertemunya AS dan Korut menunjukkan bahwa ASEAN memang berkomitmen mendukung penyelesaian masalah di Semenanjung Korea.

    Pernyataan Dubes Kim disampaikan dalam pengenalan Teko Nang Jawa, acara pengenalan budaya Korsel di Indonesia.

    Dalam acara ini, ia akan melakukan perjalanan darat dari Jakarta ke Cirebon, lalu Brebes, Solo dan Surabaya dari tanggal 2 hingga 7 September 2019. 




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id