comscore

India Puji Peran Indonesia di ASEAN dan Indo-Pasifik

Sonya Michaella - 05 September 2019 14:13 WIB
India Puji Peran Indonesia di ASEAN dan Indo-Pasifik
Menlu Retno Marsudi dan Menteri Negara Urusan Eksternal India S Jaishankar. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella.
Jakarta: Menteri Luar Negeri Urusan Eksternal India S Jaishankar memuji peran Indonesia di kawasan ASEAN dan juga saat menyusun konsep Indo-Pasifik.

Pernyataan ini disampaikan Jaishankar ketika berkunjung ke Indonesia dan diterima oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta. Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang dikunjungi Jaishankar. 
“Indonesia sebagai negara dengan ekonomi besar di ASEAN, punya peran penting untuk mengembangkan kerangka kerja dan rencana aksi dari konsep Indo-Pasifik,” kata Jaishankar, di Jakarta, Kamis 5 September 2019.

Selain itu, dia juga meyakini bahwa kekuatan ASEAN akan makin meningkat di tahun-tahun berikutnya. Jaishankar melihat, solidaritas di antara negara-negara anggota makin kuat.

“Kami melihat bahwa sentralitas ASEAN makin menguat ditambah dengan adanya konsep Indo-Pasifik. Kami tentu ingin bekerja sama dengan Indonesia dan ASEAN di bawah konsep tersebut,” ungkapnya.

Menlu Retno juga mengapresiasi dukungan India terhadap ASEAN Outlook on Indo-Pacific yang diadopsi oleh para pemimpin ASEAN dalam KTT ke-34 ASEAN di Thailand pada 22 Juni 2019. 

Indo-Pasifik merupakan konsep kerja sama negara-negara sepanjang Samudra Hindia dan Pasifik dalam hal peningkatan kerja sama dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Lebih jauh, lanjut dia, konsep Indo-Pasifik ini disebutnya sejalan dengan kerja sama maritim Indonesia-India di Aceh dan Andaman-Nicobar. 

“Kami sepakat bahwa Indonesia dan India sebagai dua negara dengan ekonomi utama di kawasan perlu sinergi untuk menanggulangi tantangan di kawasan. Kerja sama ini sejalan dengan konsep Indo Pasifik milik Indonesia,” ungkap dia.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id