Kapal Induk Tiongkok Berlayar Melalui Selat Taiwan

    Medcom - 18 November 2019 13:50 WIB
    Kapal Induk Tiongkok Berlayar Melalui Selat Taiwan
    Kapal nduk buatan dalam negeri Tiongkok berada di pelabuhan Dalian, 13 Mei 2018. (Foto: AFP/STR)
    Beijing: Militer Tiongkok mengonfirmasi, Senin 18 November 2019, bahwa kapal induk pertama buatan dalam negeri telah berlayar melalui Selat Taiwan dalam rangka pelatihan dan uji coba "rutin."

    Kapal tersebut, yang hingga kini belum diberi nama, adalah kapal induk kedua Beijing yang akan menambah kekuatan militer Negeri Tirai Bambu secara signifikan jika sudah resmi dimasukkan dalam armada.

    Juru bicara Angkatan Laut Tiongkok Cheng Dewei mengatakan bahwa kapal induk domestik itu berlayar melewati Selat Taiwan pada Minggu 17 November, sebelum akhirnya memasuki Laut China Selatan.

    "Pelayaran tersebut dilakukan dalam rangka uji coba riset ilmiah dan juga pelatihan rutin," imbuh Cheng, dirilis dari AFP.

    Berlayarnya kapal induk Tiongkok terjadi saat Taiwan bersiap menggelar pemilihan umum presiden pada Januari tahun depan. Menurut Taiwan, pelayaran semacam itu merupakan bentuk intimidasi.

    "Mereka (Tiongkok) berusaha mengintervensi pemilu #Taiwan," tulis Menteri Luar Negeri Joseph Wu via Twitter. "Para pemilih tidak akan bisa diintimidasi!" lanjutnya.

    Kementerian Pertahanan Taiwan mengaku telah mengerahkan kapal dan pesawat untuk memonitor aktivitas kapal induk Tiongkok. Kapal Amerika Serikat dan Jepang juga diketahui mengikuti pergerakan Tiongkok di Selat Taiwan.

    Tiongkok, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayah Negeri Tirai Bambu, telah meningkatkan latihan militer di sekitar pulau tersebut. Langkah Tiongkok dilakukan usai Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berkuasa pada 2016.

    Tsai -- yang mendukung aksi unjuk rasa di Hong Kong -- mendeskripsikan pemilu Taiwan tahun depan sebagai perjuangan menegakkan kebebasan dan demokrasi.

    Sementara rival Tsai dalam pemilu Taiwan lebih condong untuk memperkuat hubungan dengan Tiongkok.

    Saat ini Tiongkok memiliki dua kapal induk, satu buatan Soviet dan satu produk dalam negeri. Kapal induk Soviet yang diberi nama Liaoning itu mulai beroperasi pada 2012.

    Penulis: Rifqi Akbar



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id