Taliban Bertemu Utusan AS usai Trump Batalkan Perjanjian

    Willy Haryono - 05 Oktober 2019 20:09 WIB
    Taliban Bertemu Utusan AS usai Trump Batalkan Perjanjian
    Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad. (Foto: AFP)
    Islamabad: Kelompok militan Taliban bertemu Utusan Khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad untuk kali perdana sejak Presiden AS Donald Trump membatalkan perjanjian damai yang sudah hampir disepakati.

    Pertemuan perdana ini digelar di Islamabad, Pakistan, pada Jumat 4 Oktober. Kabar pertemuan disampaikan seorang petinggi Taliban hari ini, Sabtu 5 Oktober 2019.

    Hanya ada sedikit detail mengenai pertemuan tersebut. Khalilzad disebut bertemu dengan delegasi Taliban yang dipimpin Mullah Abdul Ghani Baradar, wakil pendiri kelompok tersebut.

    Dilansir dari Gulf Today, otoritas AS menyebut pertemuan Khalilzad tersebut bukan berarti negosiasi perjanjian damai dengan Taliban kembali berlanjut.

    Namun sejumlah pihak menilai pertemuan tersebut tetap signifikan dalam upaya mengakhiri konflik di Afghanistan yang telah berlangsung selama 18 tahun.

    Khalilzad berada di Pakistan sepanjang pekan ini dan telah bertemu sejumlah pejabat tinggi. Kementerian Luar Negeri AS mengatakan kunjungan Khalilzad merupakan tindak lanjut dari pertemuannya dengan sejumlah orang saat Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

    Saat berada di Islamabad, Khalilzad juga sempat bertemu Perdana Menteri Imran Khan, yang menyarankan AS untuk segera melanjutkan dialog damai dengan Taliban.

    Delegasi Taliban tiba di Islamabad setelah Khalilzad. Mereka juga bertemu sejumlah pejabat dan membicarakan berbagai isu politik, termasuk soal 1,5 juta warga Afghanistan yang tinggal di Pakistan sebagai pengungsi.

    Baradar ditangkap di Pakistan pada 2010 dalam operasi gabungan Pakistan dan Agensi Intelijen AS atau CIA. Penangkapan dilakukan usai Baradar secara diam-diam membuka dialog damai dengan Hamid Karzai, presiden Afghanistan saat itu.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id