Belasan Warga Tiongkok Terinfeksi Virus Korona

    Intan Yunelia - 21 Januari 2020 07:51 WIB
    Belasan Warga Tiongkok Terinfeksi Virus Korona
    ilustrasi-ANTARA/Asep Fathulrahman
    Tiongkok: Sebanyak 16 tambahan warga Tiongkok terjangkit varian baru virus korona yang memicu penyakit pneumonia misterius. Total orang yang terjangkit di Tiongkok sejauh ini mencapai 218. Virus ini juga menyerang tenaga medis setempat.

    Penularan virus ini dikhawatirkan memicu perebakan virus Sindrom Pernapasan Akut Parah (SARS). Kepala Komisi Kesehatan Nasional, Zhong Nanshan, mengatakan seorang pasien kemungkinan tertular virus baru ini sebelum mengunjungi Wuhan.

    'Saat ini, dapat dikatakan itu adalah afirmatif bahwa ada fenomena penularan dari manusia ke manusia' kata Zhong seperti dilansir Aljazeera, Selasa, 21 Januari 2020.

    Dua warga yang berasal dari Guangdong, ini diduga tertular virus tersebut dari anggota keluarganya yang baru mengunjungi Wuhan.

    Peringatan sudah diberikan terkait adanya virus baru di wilayah tersebut. Penyakit ini terhubung dengan SARS yang hampir menewaskan 650 orang di Tiongkok dan Hongkong pada 2002-2003.

    Korea Selatan melaporkan seorang wanita berumur 35 tahun terjangkit virus corona saat meninggalkan Wuhan. Thailand dan Jepang juga mengonfirmasi ada tiga kasus yang terjadi akibat virus ini. Semuanya terjangkit virus setelah mengunjungi Tiongkok.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan kasus virus baru di Tiongkok merupakan hasil peningkatan dan pencarian uji virus di antara orang yang sakit dan penyakit pernapasan.

    Pemerintah Wuhan mengatakan telah memasang termometer inframerah di bandara dan stasiun kereta api di seluruh kota. Penumpang yang demam akan didaftar dan diberi masker. Mereka akan dibawa ke rumah sakit terdekat.

    Pejabat kesehatan Hong Kong juga akan memeriksa seluruh pintu kedatangan, baik dari moda transportasi udara, laut, dan darat. Semua orang yang masuk Hong Kong akan diperiksa dan sudah ada 100 orang dalam pantauan.





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id