Pelaku Penculikan WNI di Lahad Datu Diidentifikasi

    Marcheilla Ariesta - 24 September 2019 19:30 WIB
    Pelaku Penculikan WNI di Lahad Datu Diidentifikasi
    Ilustrasi oleh Medcom.id.
    Kuala Lumpur: Tim keamanan telah mengidentifikasi kelompok bersenjata yang telah menculik tiga nelayan Indonesia di perairan Tambisan, Lahad Datu.

    Komandan Komando Keamanan Khusus Pantai Timur Sabah (ESSCOM) Datuk Hazani Ghazali, mengatakan para penculik dari kelompok KFR. Pasukan keamanan telah melakukan kontak dengan pihak berwenang Filipina untuk berbagi informasi dan memulai operasi.

    Ghazali mengatakan sebagian besar kasus penculikan di Sabah timur, terjadi malam hari. Ini berbanding terbalik dengan penculikan kidnap-for-ransom atau penculik untuk tebusan (KFR) yang dilakukan siang hari.

    "Grup KFR yang telah kami identifikasi. Kami juga berhubungan dengan otoritas Filipina," kata dia dilansir dari My Metro, Selasa, 24 September 2019.

    "Ini adalah pertama kalinya KFR melakukan aksi di siang hari dan kami sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut," imbuh Ghazali.

    Pada Senin, 23 September sekitar pukul 11.50, tiga nelayan yang diidentifikasi sebagai Maharudi Lunani, 48, Muhammad Farhan, 27, dan Samiun Maneu, 27, diduga diculik tujuh pria bersenjata. Mereka dibawa kabur menggunakan perahu pompa sambil menangkap udang di perairan Tambisan.

    Para penculik dan tiga sandera mereka diyakini bertolak menuju Kepulauan Tawi Tawi di Filipina selatan yang berdekatan dengan perairan Sabah.

    Pada 3 September, Kepolisian Sabah menembak mati dua terduga penculik setelah terjadi bentrokan singkat di perairan Lahad Datu.

    Polisi menemukan sejumlah barang, termasuk peluru tajam dan senapan Garand dari kapal terduga penculik. Namun keduanya belum dapat diidentifikasi karena tidak adanya dokumen identitas di kapal tersebut.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id