Indonesia Dorong Kesepakatan Nuklir Iran Tetap Berjalan

    Sonya Michaella - 06 September 2019 11:39 WIB
    Indonesia Dorong Kesepakatan Nuklir Iran Tetap Berjalan
    Indonesia inginkan kesepakatan nuklir Iran tetap berfungsi secara penuh dan efektif. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella.
    Jakarta: Indonesia secara tegas ingin kesepakatan nuklir Iran masih dapat dijalankan. Pernyataan ini disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif.

    “Mengenai JCPOA (kesepakatan nuklir), secara prinsip Indonesia ingin melihat bahwa kesepakatan ini masih dapat dijalankan secara penuh dan efektif,” kata Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 6 September 2019.

    Di tahun lalu, Retno yang juga melakukan pertemuan bilateral dengan Zarif di Singapura, mengutarakan bahwa komitmen Iran masih tinggi soal JCPOA.

    “Pihak-pihak terkait yang masih ada di dalam JCPOA tentu memiliki peran penting untuk bisa mengimplementasikan,” ujar Retno, kala itu. 

    JCPOA adalah kesepakatan terkait nuklir Iran yang dibentuk di Wina pada 14 Juli 2015 antara Iran dan lima negara anggota tetap DK PBB dan satu negara yaitu Amerka Serikat, Tiongkok, Rusia, Inggris, Prancis dan Jerman. 

    Namun, pada Mei 2018, Amerika Serikat memutuskan keluar dari kesepakatan nuklir Iran dengan alasan kesepakatan tersebut adalah bencana bagi AS yang dianggap tak melakukan apapun untuk menahan nuklir Iran.

    Presiden AS Donald Trump juga menyebut bahwa kesepakatan nuklir Iran, cacat. Perjanjian yang akan berakhir pada 2030 ini memungkinan Iran akan terus mengembangkan program nuklir dan akan memicu perlombaan senjata nuklir di Timur Tengah.

    Tahun ini, Iran mengumumkan akan mengurangi komitmennya berdasarkan kesepakatan. Bahkan, Iran akan meningkatkan pengayaan uranium melebihi batas kesepakatan yang telah ditandatangani pada 2015. Meski demikian, Iran melanjutkan penggunaan uranium untuk pembangkit energi.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id