comscore

Unik, Petani Australia Ini Tanam Bunga Matahari Gunakan Drone

MetroTV - 25 Februari 2022 23:50 WIB
Unik, Petani Australia Ini Tanam Bunga Matahari Gunakan Drone
Taman Bunga Matahari modern di Queensland, Australia. Foto: Dok/Metro TV
Jakarta: Perkebunan bunga matahari di Queensland Australia merupakan taman bunga matahari pertama di dunia yang ditanam menggunakan drone. Kini menanam dengan drone menjadi inovasi yang terus dikembangkan.

Hal ini membuat turis di berbagai penjuru dunia tertarik menikmati dan mempelajari praktik pertanian modern sembari bersua foto. Kini menanam tidak lagi melibatkan praktik bercocok tanam yang padat karya.
Perkebunan bunga matahari ini terdapat di Cambooya, Toowoomba Barat Daya, Queensland, Australia. Penanaman bunga-bunga matahari tersebut seluruhnya disemai menggunakan teknologi drone atau pesawat nirawak.

"Ini adalah tanaman bunga matahari pertama yang ditanam seluruhnya oleh drone. Jadi sebuah drone pertanian besar yang kami gunakan secara komersial," kata Pilot Drone, Roger Woods dalam tayangan Newsline di Metro TV, Jumat, 25 Februari 2022.

Teknik menanam menggunakan drone ini sudah digunakan untuk tanaman seperti barley atau jelai, alfalfa serta gandum. Namun masih banyak yang meragukan jika penanaman bunga matahari dapat dilakukan dengan drone.

"Bunga matahari perlu memiliki jarak yang cukup konsisten untuk tumbuh dengan benar. Sehingga ini adalah tantangan yang kami atasi saat menanamnya dengan drone," tutur Roger Woods.

Para petani mengatakan, teknik ini menanam dengan drone sangat inovatif dibanding penanaman tradisional dengan menciptakan sedikit polusi tanah. Mereka berharap petani lain akan segera mengadopsi teknologi menanam dengan drone meski masih memiliki banyak keterbatasan. (Fauzi Pratama Ramadhan)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id