61 Penumpang Kapal Pesiar Jepang Positif Virus Korona

    Marcheilla Ariesta - 07 Februari 2020 14:03 WIB
    61 Penumpang Kapal Pesiar Jepang Positif Virus Korona
    61 Penumpang kapal pesiar AS terjangkit virus nCoV. (Foto: AFP).
    Yokohama: Sebanyak 61 penumpang kapal pesiar Jepang dilaporkan positif terjangkit virus Novel Coronavirus (nCoV). Para pasien kini dikarantina di Yokohama.

    Jumlah tersebut meningkat dari awalnya 20 kasus yang dikonfirmasi pada Kamis kemarin. Bahkan, Jumat 7 Februari 2020 pagi tadi, jumlah pasien dari kapal pesiar tersebut baru 41 orang.

    Lebih dari 2.000 penumpang berada di dalam kapal Diamond Princess. Mereka selama berhari-hari berdiam dalam kabin sebagai bagian dari 'karantina' dua pekan.

    Para penumpang mengeluh tidak teratur makan. 

    "Saya terus mendengar batuk dari kamar lainnya," kata seorang penumpang di Twitter, dilansir dari New York Times.

    Penumpang tersebut mengaku sangat khawatir jika kru kapal mengantarkan makanan dari kamar ke kamar. "Saya mungkin terinfeksi hari ini atau besok," imbuhnya.

    Penumpang lain yang menghabiskan waktu di media sosial menceritakan ada kru penghibur yang mengunjungi para tamu ke setiap kamar. 

    Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang mengatakan tidak ada satu pun dari 61 penumpang tersebut yang berada dalam kondisi serius.

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan status darurat kesehatan global atas wabah virus korona yang telah menewaskan 638 jiwa ini. Virus itu pertama kali muncul dari pasar hewan liar di kota Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok.
     
    Virus tersebut dilaporkan telah menjangkiti 31.440 orang di 28 negara, termasuk di enam negara Asia Tenggara. Meski korban meninggal dunia lebih dari 600 orang, namun korban sembuh akibat penyakit ini mencapai 1.547 jiwa.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id