Indonesia Jadi Tujuan Favorit Wisatawan Rusia

    Marcheilla Ariesta - 04 Juli 2019 16:07 WIB
    Indonesia Jadi Tujuan Favorit Wisatawan Rusia
    Deputi Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya. (Foto: Marcheilla Ariesta/Medcom.id).
    Jakarta: Pertumbuhan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia terus meningkat. Deputi Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya menuturkan dalam kurun waktu Januari hingga Mei 2019, sebanyak 70.795 orang Rusia telah mengunjungi Indonesia.

    "Jumlah tersebut meningkat hingga 13,49 persen," ucapnya di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis, 4 Juli 2019.

    Nia menuturkan jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 125.697 orang pada 2018. Angka ini, menurut Nia, di atas rata-rata wisatawan mancanegara lainnya.

    "Selain itu mereka juga merupakan salah satu penyumbang ekonomi pariwisata terbesar. Karena length of stay (lama waktu menginap) mereka durasinya panjang," imbuh Nia.

    Para turis asal Rusia, tambah Nia, sering menginap di hotel mahal. Ini menambah besar potensi ekonomi pariwisata Indonesia.

    Nia menuturkan, untuk menarik minat para wisatawan itu beberapa kegiatan dibuat oleh Kementerian Pariwista, bekerja sama dengan Kemenlu RI dan perwakilan Indonesia lainnya.

    "Ada misi dagang, kemudian festival yang membuat mereka tertarik untuk datang ke Indonesia, seperti Festival Indonesia di Moskow, lalu ada pameran, family trip dengan mengundang media dan penyedia jasa tour and travel, juga publikasi di fasilitas-fasilitas umum," terangnya.

    Festival Indonesia di Moskow, lanjut Nia, merupakan salah satu ajang promosi pariwisata yang banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara. Tahun ini, Festival Indonesia tersebut kembali digelar untuk keempat kalinya pada 2 hingga 4 Agustus mendatang di Moskow, Rusia.

    Tema yang diambil kali ini adalah 'Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise'. Target pengunjung yang hadir tahun ini sebanyak 140 ribu warga Rusia.

    Festival Indonesia ini merupakan ajang promosi perdagangan, investasi, pariwisata dan seni budaya terpadu sebagai bagian dari diplomasi ekonomi RI. Kegiatan kali ini bertepatan pula dengan menyongsong 70 tahun hubungan diplomatik RI-Rusia pada 2020.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id