Indonesia dan Vietnam Perkuat Profil ASEAN di DK PBB

    Willy Haryono - 23 Juni 2019 09:36 WIB
    Indonesia dan Vietnam Perkuat Profil ASEAN di DK PBB
    Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc di sela KTT ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu 22 Juni 2019. (Foto: Twtter/@Jokowi)
    Bangkok: Vietnam akan mendampingi Indonesia sebagai perwakilan negara ASEAN yang duduk di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Keanggotaan Vietnam sebagai anggota tidak tetap DK PBB akan dimulai tahun depan.

    Indonesia telah menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 1 Januari 2019 hingga 31 Desember 2020.

    "Tahun depan ada dua anggota ASEAN di DK PBB. Harapannya adalah agar kedua negara dapat memperkuat profil ASEAN di PBB," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kepada awak media di sela Konferensi Tingkat Tinggi ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand, Sabtu 22 Juni 2019.

    Menlu Retno mengatakan Presiden Joko Widodo telah melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc di sela KTT ASEAN. Saat bertemu, PM Nguyen mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi atas keberhasilan penyelenggaraan pemilihan umum serentak di Indonesia.

    "Presiden Jokokwi juga berterima kasih atas dukungan Vietnam dalam pengembangan konsep Indo-Pasifik," tutur Menlu Retno.

    Lebih lanjut Presiden Jokowi dan PM Nguyen berbicara mengenai upaya percepatan negosiasi batas maritim Indonesia dan Vietnam. Kedua pemimpin mengakui bahwa negosiasi batas maritim ini, yang meliputi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), memang memakan waktu cukup lama, sehingga perlu dipercepat.

    Mengenai ZEE, Indonesia dan Filipina telah menyelesaikan isu batas maritim. Filipina akhirnya meratifikasi perjanjian batas maritim, yang telah diratifikasi sebelumnya oleh Indonesia.

    Ratifikasi batas maritim tersebut dibahas dalam pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di sela KTT ASEAN. Agustus mendatang, Menlu Filipina akan berkunjung ke Indonesia untuk bertukar dokumen ratifikasi ZEE.

    Baca: RI-Filipina Sepakat Penetapan Garis Batas ZEE



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id