Kim Jong-un Pantau Latihan Angkatan Udara Korut

    Willy Haryono - 18 November 2019 10:51 WIB
    Kim Jong-un Pantau Latihan Angkatan Udara Korut
    Kim Jong-un (tengah) dikelilingi sekelompok pilot di lokasi yang tak disebutkan di Korut, 16 November 2019. (Foto: Rodong Shinmun/KCNA VIA KNS)
    Pyongyang: Media Korea Utara melaporkan, Senin 18 November 2019, bahwa pemimpin besar Kim Jong-un memantau langsung latihan angkatan udara untuk kali kedua dalam tiga hari terakhir.

    Kantor berita Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa Kim mengawasi latihan pendaratan unit penembak jitu dari Angkatan Udara Korut.

    "Penting untuk menggelar latihan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu untuk mensimulasikan perang yang sesungguhnya. Latihan ini bertujuan meningkatkan kesiapan unit militer DPRK," tulis KCNA, seperti dilansir CGTN.

    DPRK adalah akronim dari nama resmi Korut, yakni Republik Demokratik Rakyat Korea. 

    Sabtu kemarin, KCNA melaporkan bahwa Kim melihat langsung "kontes pertempuran udara" yang dilakukan sejumlah perwira Angkatan Udara Korut. Sebuah foto di surat kabar Rodong Shinmun memperlihatkan Kim tersenyum di tengah sekumpulan pilot.

    Aktivitas Kim dilakukan saat Amerika Serikat dan Korea Selatan memutuskan menunda latihan gabungan angkatan udara.

    Minggu 17 November, AS dan Korsel sepakat menunda latihan militer gabungan bertajuk Combine Flying Training Event. Washington membantah penundaan latihan ini merupakan konsesi lebih lanjut untuk Korut terkait isu denuklirisasi.

    Latihan gabungan AS dan Korut memang dijadwalkan akan dikurangi intensitasnya sejak beberapa tahun terakhir. Combine Flying Training Event tadinya akan mensimulasikan skenario pertempuran udara yang melibatkan sejumlah pesawat AS dan Korsel.

    Minggu 17 November, Presiden AS Donald Trump menyinggung kelanjutan dialog nuklir Korut. "Anda (Kim) sebaiknya segera bertindak, dan selesaikan perjanjian denuklirisasi dengan Amerika Serikat," tulis Trump di Twitter.

    Dialog nuklir AS dan Korut mandek meski Trump dan Kim telah beberapa kali bertemu. Keduanya pertama kali bertemu dalam sebuah Konferensi Tingkat Tinggi di Singapura tahun lalu.

    Keduanya kembali bertemu dalam KTT di Hanoi, Vietnam, dan juga di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korut dan Korsel.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id