Pemilu Afghanistan Hanya Diikuti Sekitar 20 Persen Pemilih - Medcom

    Pemilu Afghanistan Hanya Diikuti Sekitar 20 Persen Pemilih

    Willy Haryono - 29 September 2019 20:06 WIB
    Pemilu Afghanistan Hanya Diikuti Sekitar 20 Persen Pemilih
    Aparat mengamankan salah satu TPS di tengah penyelenggaraan pemilu di Afghanistan, 28 September 2019. (Foto: AFP / Noorullah SHIRZADA)
    Kabul: Pemilihan umum Afghanistan hanya diikuti sekitar dua juta orang atau 20 persen dari total pemilih terdaftar pada Sabtu 28 September.

    Dikutip dari media DW, angka tak resmi tersebut disampaikan seorang staf Komisi Pemilu Independen Afghanistan (IEC), saat proses penghitungan suara mulai dilakukan hari ini, Minggu 29 September 2019.

    Menurut data IEC, lebih dari 9,6 juta dari total 35 juta warga Afghanistan telah terdaftar sebagai pemilih resmi. Sepertiga dari total pemilih terdaftar itu adalah wanita.

    Pemilu di Afghanistan kali ini akan menentukan apakah Presiden Ashraf Ghani akan kembali berkuasa ke periode kedua untuk lima tahun ke depan.

    Meski penyelenggaraan pemilu dikawal ketat aparat keamanan, kelompok pemberontak Taliban telah melancarkan rangkaian serangan di sejumlah tempat pemungutan suara di Afghanistan.

    Data awal IEC memperlihatkan bahwa hanya ada 1,1 juta orang yang menggunakan hak pilih mereka berdasarkan akumulasi suara dari separuh total TPS di seantero Afghanistan.

    Jika tren keikutsertaan pemilih ini berlanjut, maka tingkat partisipasi warga Afghanistan dalam pemilu dapat berada di bawah 25 persen. Angka tersebut jauh lebih rendah dari tiga pilpres sebelumnya di Afghanistan.

    Walau tingkat partisipasi relatif rendah, Pemerintah Afghanistan mengklaim pemilu berjalan sukses karena Taliban gagal melancarkan serangan berskala besar.

    Taliban dinilai hanya mampu melakukan pengeboman di sejumlah TPS, dengan jumlah korban yang tidak terlalu besar.

    Berdasarkan data Jaringan Analis Afghanistan, lebih dari 400 serangan dilaporkan terjadi di sejumlah TPS Afghanistan saat hari pemilihan pada Sabtu 28 September. Namun Taliban mengklaim telah melancarkan 531 serangan, sementara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan menyebutkan angkanya hanya di kisaran 68.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id