Terpilih jadi Tokoh Asia 2019, Kepemimpinan Jokowi Diakui Dunia

    Marcheilla Ariesta - 05 Desember 2019 13:30 WIB
    Terpilih jadi Tokoh Asia 2019, Kepemimpinan Jokowi Diakui Dunia
    Presiden Joko Widodo bertemu anak-anak saat kunjungan ke Papua pada 28 Oktober 2019. Foto: AFP
    Nusa Dua: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan selamat atas penghargaan Asian of the Year 2019 yang diterima Presiden Joko Widodo dari surat kabar Singapura, Straits Times. Kepemimpinan Jokowi pun diakui dunia.

    "Selamat kepada Bapak Presiden telah dinobatkan sebagai Asian of the Year 2019 dari Straits Times Singapore," kata Menlu Retno di sela pertemuan Bali Democracy Forum 2019 di Bali, Kamis 5 Desember 2019.

    Retno mengatakan, salah satu kepemimpinan Presiden Jokowi adalah inisiatif Indonesia untuk ASEAN Outlook on Indo-Pacific. "Ini menunjukkan leadership (kepemimpinan) Indonesia yang diakui tidak hanya di kawasan, tapi oleh dunia," imbuhnya.

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinobatkan oleh media Singapura sebagai Asian of the Year atau Tokoh Asia Tahun Ini. Nama Presiden Jokowi dipilih oleh seluruh editor surat kabar berpengaruh Singapura itu.

    “Editor kami memilih Presiden Joko widodo karena berhasil mengukuhkan namanya secara domestik dan global, tidak hanya dengan dukungan  besar tetapi juga memimpin kerangka kerja Indo-pasifik di ASEAN,” sebut the Straits Times.

    Kerangka kerja Indo-Pasifik yang diadopsi ASEAN pada Juni lalu, menegaskan kembali sentralitas di kawasan. Terutama di tengah persaingan antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

    “Di luar negeri, sosok Jokowi memuji kemampuannya untuk bertindak di luar kebiasaan dan mengatasi tantangan strategis yang dihadapi negaranya dan kawasan,” imbuh the Straits Times.

    Salah satu yang menjadi perhatian the Straits Times adalah Outlook atau Kerangka ASEAN untuk Indo-Pasifik. Kerangka ini dibuat oleh Indonesia dan pada pertemuan KTT ASEAN di Bangkok, Thailand pada Juni lalu disepakati oleh anggota ASEAN.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id