Korsel Berusaha Bangkit usai Diterjang Topan Lingling

    Arpan Rahman - 09 September 2019 17:08 WIB
    Korsel Berusaha Bangkit usai Diterjang Topan Lingling
    Sebuah pohon besar tumbang diterjang Topan Lingling di Incheon, Korsel, 7 September 2019. (Foto: AFP/Yonhap)
    Seoul: Korea Selatan berusaha bangkit kembali usai Topan Lingling menerjang Semenanjung Korea sepanjang akhir pekan pertama di bulan September.

    Menurut data agensi penanggulangan bencana Korsel, Lingling adalah topan ke-13 sepanjang tahun ini yang tiba di Semenanjung Korea pada Sabtu 7 September. 

    Data pemerintah Korsel pada Minggu 8 September 2019 menunjukkan bahwa Lingling telah menewaskan tiga orang dan melukai 24 lainnya.

    Sekitar 3.600 properti dikonfirmasi rusak akibat terjangan Topan Lingling, yang datang ke Korsel dengan membawa angin kencang dan hujan deras. Lebih dari 34.600 hektare lahan pertanian di seantero Korsel juga rusak terkena imbas dari topan terkuat kelima dalam sejarah Semenanjung Korea itu.

    Saat sebagian besar wilayah semenanjung telah terbebas dari dampak Lingling, perusahaan Korsel Korea Electric Power Corp. (KEPCO) mengaku telah memulihkan pasokan listrik 99,8 persen dari total 161.600 rumah yang terkena pemadaman.

    KEPCO mengatakan meski mirip dengan Topan Kompasu dan Bolaven di tahun 2010 dan 2012, Lingling tidak terlalu mengganggu pasokan listrik seperti dua badai sebelumnya itu.

    Kompasu dan Bolaven masing-masing memicu pemadaman listrik untuk 1,68 juta dan 1,97 warga Korsel.

    "Kami mampu mengurangi dampak kerusakan, karena kami telah memperkuat semua fasilitas terkait," ujar KEPCO, dirilis dari UPI.

    Sekitar 8.000 pekerja KEPCO sedang berusaha keras menormalisasi pasokan listrik di seantero Korsel. KEPCO adalah perusahaan yang memasok listrik untuk sebagian besar warga Negeri Gingseng.

    Saat listrik sudah berangsur pulih, sejumlah jadwal penerbangan di Korsel juga mulai kembali ke level normal. Jasa layanan kapal feri di pesisir selatan Korsel juga dilaporkan berangsur normal.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id