Inggris Siap Tunjuk Duta Besar untuk ASEAN

    Wahyu Dwi Anggoro - 10 Januari 2019 18:16 WIB
    Inggris Siap Tunjuk Duta Besar untuk ASEAN
    Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Inggris Sir Simon McDonald (Foto:Medcom.id/Wahyu)
    Jakarta: Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Inggris Sir Simon McDonald bertemu dengan Deputi Sekretaris Jenderal Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (APSC) Hoang Anh Tuan dan Deputi Sekretaris Jenderal Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Aladdin D. Rillo. Dia ditemani oleh 10 Duta Besar Inggris yang ditempatkan di negara anggota ASEAN.

    "Sinyal yang yang ingin diberikan adalah Inggris akan terus berhubungan dengan ASEAN. Selain itu kami juga ingin meningkatkan hubungan dengan ASEAN," kata McDonald di Sekretariat ASEAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis 10 Januari 2018.
    Dalam pertemuan tersebut, McDonald membahas rencana pemerintahnya memunculkan posisi Duta Besar Inggris untuk ASEAN. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan salah satu persiapan Pemerintah Inggris dalam menghadapi Brexit.

    "Saat ini, Duta Besar untuk Indonesia juga merangkap sebagai perwakilan kami untuk ASEAN. Namun, posisi baru dibutuhkan untuk mengakomodasi beban kerja yang lebih besar," ucap pejabat senior tersebut.

    "Hubungan kami dengan ASEAN saat ini masih diperantarai oleh Uni Eropa. Kami harus melakukan semuanya sendiri jika keluar dari Uni Eropa," lanjutnya.

    Pihak ASEAN sendiri menyambut baik adanya rencana tersebut. Rencana tersebut dipercaya akan meningkatkan hubungan bilateral antara Inggris dengan ASEAN.

    Inggris merupakan negara investor kedua terbesar di ASEAN. Nilai perdagangan Inggris ke kawasan ASEAN mencapai £36,5 miliar pada 2017.




    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id