Indonesia Harus Mampu Cegah konflik di Wilayah Natuna Utara

    Marcheilla Ariesta - 09 Januari 2020 22:15 WIB
    Indonesia Harus Mampu Cegah konflik di Wilayah Natuna Utara
    Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS), Evan Laksmana. Foto: Medcom.id/ Marcheilla Ariesta
    Jakarta: Pemerintah Indonesia diminta untuk fokus pada penyelesaian konflik di perairan Natuna antara Indonesia dengan Tiongkok. Peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS), Evan Laksmana, menilai Indonesia harus bisa mencegah konflik di wilayah perairan tersebut.

    “Yang jadi persoalan bukan respons kita sudah cukup atau belum, tapi bagaimana bisa mencegah berulang kembali krisis ini,” kata dia di Jakarta, Kamis 9 Januari 2020.

    Menurut Evan, pemerintah kurang mempertimbangkan opsi-opsi diplomatik. "Kalau (kapal) Coast Guard Tiongkok tidak keluar (dari Natuna), mungkin ada saatnya kita recall dubes kita di Beijing. Kalau tidak ada jaminan, bisa tingkatkan lagi apakah kita perlu review existing cooperation kita dengan Tiongkok,” ujar dia.

    Evan menuturkan penyelesaian lewat ASEAN terlalu bertele-tele. Pasalnya, ada negara-negara yanh memiliki hubungan kuat dengan Tiongkok, seperti Kamboja. "Kita tidak bisa mengandalkan ASEAN," imbuhnya.

    Dia menambahkan, opsi yang disarankannya tak luput dari risiko. Namun, dia menjamin jika tetap mengulangi step yang sama dengan langkah sebelumnya, maka tidak menyebabkan 'jera' untuk Beijing.

    "Opsi-opsi ini memang kita belum pertimbangkan karena realitasnya kita kurang paham seberapa jauh tingkat kerapuhan kita dengan Tiongkok. Kita hanya bisa bicara secara makro bahwa kita ada kepentingan dagang dan investasi, dan sebagainya, tapi titik persis dmn kita tergantung sama mereka," seru Evan.

    Evan menegaskan Tiongkok juga membutuhkan kita dalam kerja sama ekonomi. Menurutnya Indonesia merupakan pasar besar bagi Beijing.

    Indonesia memberikan nota protes kepada Tiongkok karena kapal penjaga pantai mereka mengawal kapal nelayan yang mencuri ikan di ZEE Indonesia di perairan Natuna.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id