Tiongkok Kecam Aktivitas Kapal AS di Laut China Selatan

    Marcheilla Ariesta - 22 November 2019 15:04 WIB
    Tiongkok Kecam Aktivitas Kapal AS di Laut China Selatan
    Kapal AS di Laut China Selatan. (Foto: AFP).
    Beijing: Tiongkok mengecam keberadaan dua kapal perang Amerika Serikat (AS) di Laut China Selatan. Kehadiran kapal-kapal tersebut di perairan itu menambah ketegangan antara kedua negara.

    Angkatan Laut AS secara teratur berlayar ke wilayah Laut China Selatan. Mereka melakukan 'kebebasan operasi navigasi' di wilayah yang disengketakan oleh Tiongkok, Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam dan Taiwan.

    AL AS menyebutkan kapal tempur USS Gabrielle Gifford berlayar dekat Mischief Reef di Kepulauan Spratly pada Rabu kemarin. Sementara kapal perusak berpeluru kendali USS Wayne E. Meyer melewati Kepulauan Paracel pada Kamis, 21 November kemarin.

    "USS Wayne E. Meyer (DDG 108) menantang pembatasan pada jalur yang ditetapkan Tiongkok, di mana Taiwan dan Vietnam juga memperebutkan klaim wilayah perairan tersebut," kata Komandan Reann Mommsen, juru bicara Armada ke-7 AS yang berbasis di Jepang, dilansir dari AFP, Jumat, 22 November 2019.

    Dia menambahkan, USS Gabrielle Giffords menunjukkan bahwa Mischief Reef yang diklaim Tiongkok tidak sesuai hukum internasional.

    "USS Gabrielle Giffords menunjukkan bahwa Mischief Reef tidak berhak atas laut teritorial di bawah hukum internasional," imbuhnya.

    Tiongkok mengirimkan kapal-kapal militer untuk mengidentifikasi dan memantau kapal-kapal AS. Beijing memperingatkan mereka untuk pergi.

    "Kami mendesak AS untuk menghentikan tindakan provokatif dan berisiko semacam ini untuk mencegah insiden tidak terduga," tegas Tiongkok.

    Mommsen mengatakan operasi itu dirancang untuk menunjukkan bahwa AS akan berlayar dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan.

    Washington dan Beijing berseteru dalam perang dagang yang merembet ke masalah diplomatik. Sementara itu, Tiongkok mengklaim hampir semua Laut China Selatan yang diprotes oleh negara-negara lain yang bersengketa.



    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id