Wapres Ma’ruf Minta Raja Malaysia Lindungi WNI

    Antara - 22 Oktober 2019 13:50 WIB
    Wapres Ma’ruf Minta Raja Malaysia Lindungi WNI
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Raja Malaysia, Sultan Abdullah di Tokyo, Jepang. Foto: Dok. Wisma Putra
    Tokyo: Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah di Tokyo, Jepang, Selasa, 22 Oktober.

    Dalam pertemuannya, Wapres Ma’ruf meminta Sultan Abdullah untuk memberikan perlindungan yang baik kepada warga negara Indonesia yang tinggal dan bekerja di Malaysia.

    “Kita banyak tenaga kerja yang banyak di Malaysia. Raja ini punya kewenangan untuk mengampuni. Karena itu saya menitipkan tenaga kerja kita di Malaysia supaya memperoleh perlindungan,” ujar Wapres Ma’ruf, di Hotel Imperial, Tokyo, Selasa, 22 Oktober 2019.

    “Saya minta anak-anak kita itu dianggap anak-anak beliau saja, jadi bagaimana beliau memperlakukannya supaya Raja juga merespons dengan baik,” imbuh Wapres, seperti dikutip dari Wapresri.go.id.

    Tidak hanya mengenai tenaga kerja, keduanya juga membahas tentang sawit dan penanggulangan radikalisme. Saat ini, komoditi sawit Indonesia dan Malaysia mendapatkan diskriminasi di Eropa.

    “Kita ajak Malaysia untuk bekerjasama mengupayakan dan melawan upaya-upaya diskriminasi itu supaya sawit kita memperoleh perlakukan yang wajar saat kita ekspor,” ucap Wapres.

    Dari sisi penanggulangan isu radikalisme, Wapres mengajak Raja Abdullah untuk bekerja sama mengatasi isu ini. Sebagai negara  yang mayoritas penduduknya Muslim, Wapres Ma’ruf mengajukan agar Indonesia-Malaysia bekerja sama mengembangkan Islam yang damai, toleran, Rahmatan lil’alamin. Termasuk juga Islam Wasathiyah sehingga kawasan ASEAN terutama Indonesia-Malaysia tetap kondusif.

    Indonesia menurut Wapres, saat ini terus berusaha menjadi negara maju. Untuk itu pemerintah membangun infrastruktur, SDM yang andal dan memperluas investasi serta meningkatkan ekspor. Malaysia sebagai negara sahabat, bisa berperan dengan melakukan kerja sama yang saling menguntungkan dan saling menopang untuk kemajuan bersama.

    Ini adalah pertemuan keempat Wapres Ma’ruf dengan tamu kehormatan sejak dilantik 20 Oktober. Setelah melakukan pertemuan ini, Wapres Ma’ruf pun menghadiri penobatan Kaisar Naruhito di Istana Kekaisaran Tokyo.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id