India Segera Membagi Wilayah Kashmir dan Jammu

    Sonya Michaella - 30 Oktober 2019 15:19 WIB
    India Segera Membagi Wilayah Kashmir dan Jammu
    Wilayah Srinagar yang terletak di Kashmir. (Foto: AFP)
    New Delhi: India secara resmi akan membagi dua wilayah yaitu Kashmir dan Jammu, Kamis besok. Pembagian dua wilayah ini diumumkan langsung dari kantor perdana menteri. 

    Pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi telah mencabut status otonomi Kashmir pada Agustus lalu. Bersamaan dengan itu, Modi juga mengumumkan pembagian wilayah Kashmir dan Jammu. 

    Dilansir dari AFP, Rabu 30 Oktober 2019, Kashmir dan Jammu rencananya akan masuk wilayah India dan diperintah langsung oleh negara tersebut, termasuk Ladakh yang mayoritas dihuni umat Buddha. 

    Pemerintahan Modi bersikeras untuk meningkatkan investasi pariwisata dan infrastruktur di Ladakh. Wilayah ini terkenal dengan puncak-puncak gunungnya yang tertutup salju. 

    Sementara itu, Jammu adalah wilayah mayoritas umat Hindu, sedangkan Kashmir banyak dihuni Muslim. PM Modi pernah berjanji akan membangun infrastruktur di Kashmir. 

    Modi meyakini keputusannya menghapus status khusus Kashmir akan mengembalikan wilayah itu ke 'kejayaan seperti masa lalu' dan kemakmuran.

    Sekitar 500 protes terjadi di wilayah Kashmir sejak Modi mencabut status otonomi wilayah tersebut. Akibatnya, ratusan orang terluka. Jumlah insiden akibat protes ini terus meningkat dan rusuh jika tak ada blokade dari aparat.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id