Relawan Selamatkan Lima Paus yang Terdampar di Australia

    Arpan Rahman - 24 Maret 2018 20:03 WIB
    Relawan Selamatkan Lima Paus yang Terdampar di Australia
    Sekitar 150 paus terdampar di pantai Australia Barat, 23 Maret 2018. (Foto: AFP/Western Australia Department of Biodiversity Conservation and Attractions)
    Perth: Sekelompok relawan telah membantu menyelamatkan lima dari 150 ikan paus pilot bersirip pendek yang terdampar di sebuah pantai di Australia Barat.

    Paus-paus itu dibebaskan pihak berwenang di Hamelin Bay, selatan Perth, dengan bantuan dokter hewan dan lebih dari 100 relawan. Lima ikan paus yang tersisa sudah dipindahkan ke perairan yang lebih dalam. Tetapi masih ada risiko mereka dapat kembali terdampar.

    Petugas pengendali di Taman Satwa Liar Jeremy Chick mengatakan, paus sering kembali ke pesisir setelah peristiwa terdampar massal.

    "Kami meminta masyarakat untuk tetap waspada, dan jika ada yang melihat ikan paus yang terdampar untuk segera melaporkannya," katanya, seperti dinukil Guardian, Sabtu 24 Maret 2018.

    Ikan paus keenam berhasil dibebaskan ke perairan dangkal tadi malam. Tapi paus itu kembali ke pantai dan terpaksa harus disuntik mati. 

    Baca: 150 Paus Terdampar di Pantai Australia Barat

    Pihak berwenang terus menyapu area sekitar pantai tersebut melalui pengamatan udara dan laut pada Sabtu ini. Upaya penyelamatan paus terhambat sejumlah ikan yang mati di air, medan berbatu di pesisir, dan gelombang tinggi.

    Lebih dari 100 bangkai paus telah dipindahkan dan pihak berwenang mengambil sampel DNA demi mengetahui mengapa ikan-ikan itu bisa terdampar.

    "Saya belum pernah melihat yang seperti ini, begitu banyak ikan paus yang terdampar seperti ini," kata Barrie Brickle, seorang turis.

    Peringatan ancaman ikan hiu telah dikeluarkan Departemen Perikanan Australia karena bangkai paus dapat menarik predator laut tersebut.

    Saat ini, Pantai Hamelin masih tertutup, mulai dari Hamelin Caravan Park hingga ke North Point.

    Peristiwa terbesar terdamparnya ikan paus di Australia Barat terjadi pada 1996 di Dunsborough. Ketika itu, 320 paus pilot bersirip panjang dilaporkan terdampar di pantai.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id