Arab Saudi pun Yakin dengan Vaksinasi, Insyaallah Aman

    Rendy Renuki H - 19 Januari 2021 15:54 WIB
    Arab Saudi pun Yakin dengan Vaksinasi, Insyaallah Aman
    Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)
    Jakarta: Pemerintah Arab Saudi memutuskan memilih vaksin covid-19 buatan Pfizer, AstraZeneca, dan Moderna. Tiga jenis vaksin tersebut telah disetujui penggunaannya oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

    Arab Saudi telah memulai vaksinasi buatan Pfizer pada 17 Desember 2020. Namun, mereka menyetujui penggunaan vaksin lain, AstraZeneca dan Moderna.

    Kemenkes Arab Saudi menyetujui penggunaan vaksin tersebut karena tak ada efek samping yang terdeteksi. Juru bicara mereka, dr Muhammad Al-Abdel Ali, menegaskan keamanan dan efikasi vaksin mengacu dari proses uji klinis.

    Ketiga vaksin itu menunjukkan respons kekebalan kuat dan antibodi berkelanjutan. Pemerintah 'negara minyak' itu pun menganjurkan warganya segera mendaftar vaksinasi.

    "Ini akan dilakukan setelah melalui aplikasi Sehaty (aplikasi pelayanan kesehatan di Arab Saudi)," kata Ali melansir pemberitaan Al-Arabiya TV waktu setempat, Senin 18 Januari 2021.

    Pfizer dan Moderna merupakan vaksin milik perusahaan farmasi yang sama-sama berbasis di Amerika Serikat. Sedangkan AstraZeneca adalah vaksin bikinan perusahana farmasi Inggris.

    Namun, vaksin buatan Pfizer sempat menjadi perdebatan setelah terjadi efek samping serius di Norwegia. Bahkan, efek samping vaksin Covid-19 Pfizer di negara itu menelan korban jiwa hingga 29 orang.

    Mayoritas penerima vaksin yang meninggal dunia adalah pasien berusia sekitar 80 tahun. Efek samping yang timbul umumnya berupa demam dan mual.

    "Reaksi umum terhadap vaksin, termasuk demam dan mual, mungkin telah berkontribusi pada hasil yang fatal pada beberapa pasien yang kondisinya lemah," kata Kepala Dokter di Badan Obat Norwegia Sigurd Hortemo dalam sebuah pernyataan pekan lalu.

    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id