Tiongkok Protes Pembukaan Kantor Perwakilan AS di Taiwan

Sonya Michaella - 14 Juni 2018 19:13 wib
American Institute in Taiwan. (Foto: AFP)
American Institute in Taiwan. (Foto: AFP)

Taipei: Amerika Serikat (AS) baru saja membuka kedutaan besar de facto atau kantor perwakilan di Taiwan. Hal ini tentu ditentang keras oleh Tiongkok yang selama ini enggan memberikan kemerdekaan kepada Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Tiongkok pun melayangkan protes keras terhadap AS. Tiongkok juga memperingatkan bahwa hal semacam itu bisa menimbulkan provokasi.

"Tiongkok harus terus berupaya agar Taiwan tahu bahwa AS tidak bisa menjadi penyelamat mereka," tulis koran pemerintah Tiongkok, Global Times, dua hari lalu.

Sementara itu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan kompleks kedutaan baru itu merupakan penegaskan kembali komitmen kedua belah pihak terhadap sebuah hubungan.

"Persahabatan Taiwan dan AS tidak pernah lebih menjanjikan dari ini. Kita harus terus menjaga persahabatan," kata Tsai, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 14 Juni 2018.

Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Pendidikan dan Kebudayaan Marie Royce mengatakan, pembukaan kompleks baru itu adalah simbol kekuatan dan semangat kemitraan AS dan Taiwan.

Gedung ini menempati lahan seluas 6,5 Hektar di Distrik Neihu Taipei. Upacara pembukaan pun dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Taiwan serta sejumlah pebisnis senior. 



(FJR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.