Taliban Ancam Pelaksanaan Pemilihan Presiden Afghanistan

    Fajar Nugraha - 06 Agustus 2019 19:45 WIB
    Taliban Ancam Pelaksanaan Pemilihan Presiden Afghanistan
    Kampanye pemilihan presiden sudah dimulai di Afghanistan. Foto: AFP.
    Kabul: Taliban memperingatkan warga Afghanistan pada  untuk menjauh dari kampanye pemilihan umum. Kelompok militan itu juga memerintahkan para pejuangnya untuk melawan pemilihan suara yang direncanakan September.

    Militan dan kelompok pemberontak lainnya sering melakukan serangan selama pemilihan sebelumnya, dan musim kampanye tahun ini telah diguncang oleh kekerasan mematikan.

    Pemilihan presiden dijadwalkan untuk 28 September, tetapi perlombaan telah dimulai dengan awal yang buruk dan beberapa kandidat belum meluncurkan kampanye mereka.

    Banyak pengamat berpikir jajak pendapat itu akan ditunda lagi,-itu telah didorong kembali dua kali tahun ini,-untuk menciptakan ruang bagi kesepakatan damai yang akan diselesaikan antara AS dan Taliban.

    Taliban mengatakan para anggotanya harus menentang dengan penuh pemilu yang menurut mereka sudah diatur. Ini menjadi instruksi yang jelas untuk melakukan serangan.

    "Untuk mencegah kerugian agar tidak ditimbulkan oleh sesama rekan kami, mereka harus menjauh dari pertemuan dan kampanye yang bisa menjadi sasaran potensial," pesan yang diposting di situs web Taliban, seperti dikutip AFP, Selasa, 6 Agustus 2019.

    “Pemilihan Afghanistan tidak memiliki nilai,” tegas mereka.

    Anggapan ini merujuk pada Pemilihan Presiden 2014 yang terperosok dalam dipenuhi tuduhan kecurangan. Taliban melihat adanya pembagian antara Presiden Ashraf Ghani dan Kepala Eksekutif Abdullah Abdullah yang menurut mereka sudah diatur Amerika Serikat.

    Juli, pada hari pertama musim kampanye, pelaku bom bunuh diri dan orang-orang bersenjata menyerbu kantor Kabul. Mereka menyerang kantor calon Wakil Presiden Amerullah Salleh yang berpasangan dengan Presiden Ghani. Insiden ini menewaskan sedikitnya 20 orang.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id