Hari Berduka, Protes Hong Kong di Perayaan Nasional Tiongkok - Medcom

    Hari Berduka, Protes Hong Kong di Perayaan Nasional Tiongkok

    Marcheilla Ariesta - 01 Oktober 2019 17:28 WIB
    Hari Berduka, Protes Hong Kong di Perayaan Nasional Tiongkok
    Protes di Hong Kong di saat perayaan 70 tahun Partai Komunis berkuasa di Tiongkok. Foto: AFP
    Hong Kong: Hong Kong menandai peringatan 70 tahun berdirinya Partai Komunis Tiongkok dengan melakukan demonstrasi yang dinamai Hari Berduka. Demonstrasi ini diwarnai bentrokan baru karena aktivis pro-demokrasi mengabaikan larangan demo dan turun ke jalan.

    Para aktivis bertekad agar perayaan nasional Beijing itu juga menjadi peringatan atas protes yang sudah mereka lakukan selama empat bulan terakhir.

    Puluhan ribu orang berbaris di jalanan kota finansial Tiongkok tersebut. Padahal otoritas kepolisian Tiongkok sudah menolak permintaan demo mereka.

    "Tiga bulan berlalu dan lima tuntutan kami belum tercapai. Kami harus melanjutkan perjuangan kami," kata seorang pedemo, yang mengenakan topeng dari film 'V for Vendetta', dilansir dari AFP, Selasa, 1 Oktober 2019.

    Di Tsuen Wan, demonstran bertopeng menggunakan payung untuk memukuli petugas anti huru hara. Mereka memaksa polisi untuk mundur ke balai kota terdekat.

    Pihak berwenang juga mengatakan para demonstran melemparkan cairan korosif ke petugas di Tuen Mun. Mereka mengunggah foto polisi dengan luka bakar kimia yang menyakitkan di tubuhnya dan menunjukkan lubang-lubang di seragamnya.

    Protes terjadi ketika perayaan mewah berlangsung di Beijing, termasuk parade militer besar-besaran melalui Lapangan Tiananmen. Acara ini disaksikan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan petinggi lainnya, termasuk pemimpin Hong Kong, Carrie Lam.

    Protes Hong Kong pada awalnya dipicu oleh rencana undang-undang yang memungkinkan ekstradisi ke daratan. Tetapi sejak itu mengembang menjadi gerakan kemarahan rakyat, kini RUU tersebut dibatalkan.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id