Rayakan 70 Hubungan Diplomatik, Dubes AS Kunjungi ASRI

    Willy Haryono - 05 Oktober 2019 08:39 WIB
    Rayakan 70 Hubungan Diplomatik, Dubes AS Kunjungi ASRI
    Dubes Joseph R Donovan Jr saat berkiunjung ke ASRI di Kayong Utara, Kalimantan Barat, Jumat 4 Oktober 2019. (Foto: ASRI)
    Kayong Utara: Dalam rangka memperingati 70 tahun Hubungan bilateral Amerika Serikat-Indonesia pada 2019 yang menekankan pada hubungan antarmasyarakat, Alam Sehat Lestari (ASRI), sebuah lembaga non-profit yang bekerja di bidang konservasi hutan dan kesehatan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, menerima kunjungan Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, beserta rombongan pada Jumat 4 Oktober 2019.

    "Sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara, kami di sini untuk merayakan hal yang dapat dicapai melalui kemitraan antarmasyarakat kedua negara," kata Dubes Donovan setelah melakukan tur di Klinik ASRI yang dibangun dengan sumbangan dari masyarakat AS. 

    "Klinik ASRI adalah contoh luar biasa dari kemitraan ini, menyatukan penduduk setempat dan pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi yang terjangkau, dan mendukung masa depan hutan yang berharga di Kayong Utara," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.

    Direktur Eksekutif ASRI, Nur Febriani, mengatakan bahwa pihaknya telah lama membina hubungan serta mendapatkan dukungan dari masyarakat AS dan Kedutaan AS untuk Indonesia. 

    "Selama ini ASRI banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat Amerika yang peduli dengan hutan hujan tropis di Kalimantan. Dukungan pelayanan kesehatan dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai wujud terima kasih karena telah menjaga hutan, paru-paru dunia, yang sangat penting bagi keberlangsungan planet ini," ujarnya.

    Pada hari pertama, Dubes AS juga berkunjung ke beberapa program ASRI untuk masyarakat yang mendapatkan dukungan pendanaan program konservasi melalui Badan Pembangunan Amerika Serikat (USAID) dan US Fish and Wildlife Service (USFWS), seperti mata pencaharian alternatif untuk penebang pohon (loggers), pembuatan pupuk organik, dan pemberian kambing untuk para janda.

    Rayakan 70 Hubungan Diplomatik, Dubes AS Kunjungi ASRI
    Dubes Donovan dalam kunjungan ke ASRI di Kayong Utara. (Foto: ASRI)

    "Saya takut kalau bapak nebang pohon, takut bapak ditangkap. Apalagi pohon kan tinggi-tinggi, saya sebagai istri tentulah khawatir. Sekarang bapak sudah berhenti nebang. jadi saya lebih lega dan senang karena bapak telah bergabung dengan ASRI (di Program Chainsaw Buyback)," ucap Ibu Musyarafah, istri dari Bapak Misran yang telah secara resmi berhenti menebang dan beralih mata pencaharian sebagai peternak ayam daging yang disaksikan langsung oleh Dubes AS.

    "Tentu saja saya senang dikunjungi oleh Bapak Dubes AS. Saya harap ASRI semakin maju dan lebih baik lagi," tutur Salma, menantu dari Ibu Kalsum (penerima manfaat program Kambing untuk Janda) yang membantu mengurus kambing-kambing Ibu Kalsum.

    Hingga saat ini, banyak mahasiswa dan profesional dari AS yang datang berkunjung dan belajar dari ASRI sebagai organisasi planetary health yang mengintegrasikan kesehatan dengan lingkungan. Mereka datang sambil menikmati keindahan alam dan kehidupan masyarakat Kayong Utara. 

    Kunjungan Dubes AS ini diharapkan dapat mendorong semakin kuatnya hubungan antara masyarakat Indonesia dan AS.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id