SME 100: UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

    15 Juni 2019 17:00 WIB
    SME 100: UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
    Pengumuman hasil survei SME 100 Awards di Jakarta, Jumat 14 Juni 2019. (Foto: Dwikie Naufal/Medcom.id)
    Jakarta: Sebuah survei terbaru oleh majalah SME Magazine menunjukkan bahwa mendorong keterlibatan dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dapat membantu menjaga pertumbuhan ekonomi negara secara berkesinambungan. UMKM di Indonesia terus berkembang di tengah ketidakpastian ekonomi global.

    "Meski catatan sejumlah perusahaan yang bergerak cepat ini tidak mewakili semua UMKM, namun dapat membantah mitos bahwa bisnis bagi UMKM secara umum itu sulit dijalankan di Indonesia," kata William Ng, pemimpin redaksi SME Magazine dalam pengumuman hasil survei SME 100 Awards di Jakarta, Jumat 14 Juni 2019.

    Di antara sejumlah UMKM yang disurvei, angka pendapatan berkembang 9,3 persen pada 2018 menjadi rata-rata Rp55,1 miliar, sedangkan keuntungan meningkat 23,5 persen menjadi rata-rata Rp7,1 miliar di tengah konsumsi domestik yang kuat. Angka-angka tersebut impresif jika melihat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) Indonesia di level 5,17 persen pada 2018.

    SME 100 melakukan survei 2.000 UMKM ternama di Indonesia dari bulan Februari hingga April tahun ini. Dari total itu, 29 UMKM yang berkembang cepat dipilih berdasarkan kriteria kuantitatif, seperti pertumbuhan pendapatan dan keuntungan. Kriteria kualitatif juga dipertimbangkan, seperti prospek bisnis, pelatihan investasi dan upaya riset serta pengembangan.

    Proyek SME 100 Awards ini dilakukan dengan bermitra bersama Kamar Dagang Indonesia (KADIN) dan Dewan Bisnis Indonesia untuk Pertumbuhan Berkesinambungan (IBCSD).

    Sejumlah pemenang SME 100 Awards diantaranya adalah penyedia chatbot Kata.ai. Orchi Fried Chicken, Weddingku, Investree, Payfazz, Metroxgroup dan juga Medcom.id.

    Indonesia adalah negara ketiga di ASEAN yang meluncurkan SME 100 Awards setelah Malaysia dan Singapura. Vietnam akan menjadi negara keempat, yang saat ini sedang menjalankan survei SME 100.

    Hambatan Teknologi Sebagai Kekhawatiran Utama bagi UMKM

    UMKM yang berpartisipasi dalam survei sama-sama optimistis dan waspada terhadap perkembangan teknologi yang begitu cepat dan integrasi ekonomi regional.

    "Banyak UMKM menghadapi tantangan dari hambatan berbasis teknologi dalam industri mereka dan juga dari kompetitor regional yang mengadopsi teknologi tertentu untuk bergerak menjauh di pasar," sebut Ng.

    "Hampir semua UMKM yang disurvei menyadari pentingnya strategi digital. Namun banyak dari mereka tidak memiliki sumber daya alam atau kemampuan yang mengimplementasikannya. Pemerintah Indonesia telah menginvestasikan waktu dan uang untuk membantu UMKM dalam aspek tersebut, namun pengadopsiannya masih relatif lamban dari kata ideal," lanjut dia.

    "UMKM di sini melihat potensi untuk menjadi bagian dari masyarakat ekonomi yang lebih besar. Banyak SME khawatir mengenai meningkatnya kompetisi, dan juga risiko-risiko terkait regionalisasi," ungkap Ng.

    Portal media daring Medcom.id meraih penghargaan SME 100 Awards sebagai kategori perusahaan paling cepat berkembang pada 2019. Penghargaan ini apresiasi besar mengingat usia Medcom.id baru memasuki tahun kedua.
     
    "Saya kira ini penghargaan ini akan memberikan energi baru bagi teman-teman terutama Medcom.id," kata Pemimpin Redaksi (Pemred) Medcom.id, Budiyanto, di Hotel JW Mariot, Kuningan, Jakarta, Jumat 14 Juni.
     
    Penghargaan yang diraih Medcom.id tak terlepas dari peran para jurnalisnya menghadirkan konten berita yang informatif dan variatif. Tidak butuh waktu lama portal Medcom.iddikenal publik sebagai salah satu portal berita daring (online) rujukan pembaca.

    SME 100: UMKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
    Pemred Medcom.id Budiyanto menerima SME100 Award 2019. Foto: Medcom.id/ Candra Yuri Nuralam

    Baca: Medcom.id Jadi Perusahaan Media Paling Cepat Bertumbuh


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id