comscore

ASEAN-Australia Fokus Kerja Sama Penanggulangan Terorisme

Sonya Michaella - 08 Maret 2018 19:15 WIB
ASEAN-Australia Fokus Kerja Sama Penanggulangan Terorisme
Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull akan hadir dalam ASEAN-Australia Special Summit 2018 di Sydney (Foto: AFP).
Jakarta: Menanggapi undangan dari Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, Presiden RI Joko Widodo akan menghadiri ASEAN-Australia Special Summit 2018 di Sydney, pada 18-19 Maret mendatang.

Turut mendampingi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang rencananya akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Australia Julie Bishop dan juga pertemuan two plus two yang akan dihadiri menteri pertahanan kedua negara.
"Di pertemuan Jokowi dengan Turnbull, nanti akan meningkatkan hubungan Indonesia-Australia dari comprehensive partnership menjadi comprehensive strategic partnership," ujar Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI, Edi Yusup di Jakarta, Kamis 8 Maret 2018.

Dalam kerja sama yang ditingkatkan ini pun akan lebih dikuatkan lagi di kerja sama bidang maritim, begitu juga dengan pertemuan two plus two dua negara.

"Two plus two sama dengan pertemuan sebelumnya meliputi kerja sama di bidang keamanan maritim, terorisme, dan perdagangan manusia," lanjut dia.

Edi menambahkan, akan ada MoU yang akan ditandatangani mengenai kerja sama penanggulangan terorisme yang meliputi penyelundupan senjata dan capacity building.

Senada dengan Edi, Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Benny Siahaan mengungkapkan, jalinan hubungan Indonesia dan Australia semakin erat dengan adanya pertemuan ASEAN yang pertama kalinya digelar di luar Asia Tenggara.

"Biasanya kan pertemuan ASEAN dengan negara mitra itu di salah satu negara ASEAN. Kali ini spesial karena digelar di negara mitranya, yaitu Australia," tutur Benny.

Gelaran konferensi tingkat tinggi ini diawali dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi yang akan dipimpin oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemenlu RI, Jose Tavares dan dilanjutkan serangkaian pertemuan lainnya terkait ekonomi dan penanggulangan terorisme.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id