comscore

Moderna Angkat Bicara soal 2 Warga Jepang Tewas usai Divaksinasi

Adri Prima - 29 Agustus 2021 20:23 WIB
Moderna Angkat Bicara soal 2 Warga Jepang Tewas usai Divaksinasi
Vaksin Moderna. (foto; AFP)
Tokyo: Pemerintah Jepang menghentikan vaksinasi usai dua orang warganya dilaporkan meninggal setelah mendapat suntikan vaksin covid-19 Moderna. 

"Kedua korban adalah pria berusia 30 dan 38 tahun meninggal dalam beberapa hari setelah menerima dosis kedua vaksin Moderna," kata Kementerian Kesehatan Jepang seperti dikutip dari Strait Times. 
Korban diketahui mendapat vaksin dari salah satu manufaktur yang ditangguhkan pada Kamis, 26 Agustus 2021. Polisi masih menyelidiki penyebab kematian kedua orang tersebut. 

Sebagai bentuk respons, Jepang menghentikan penggunaan 1,63 juta dosis vaksin Moderna yang dikirim ke 863 pusat vaksinasi nasional. Penghentian dilakukan lebih dari seminggu setelah distributor domestik, Takeda Pharmaceutical, menerima laporan kontaminasi di sejumlah botol vaksin.

Sementara itu, pihak Moderna melalui distributor Takeda Pharmaceutical Co menyatakan kalau sejauh ini tidak ada bukti yang menjelaskan kematian tersebut disebabkan vaksin Moderna.  

“Saat ini, kami tidak memiliki bukti bahwa kematian ini disebabkan oleh vaksin covid-19 Moderna. Penting untuk melakukan penyelidikan formal untuk menentukan apakah ada hubungan,” kata Moderna dan Takeda dalam sebuah pernyataan resmi.

Lebih lanjut, Manajer Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit Internasional St. Luke Tokyo, Fumie Sakamoto, mengimbau pemerintah agar tidak mengaitkan kematian dengan vaksinasi.

“Mungkin hanya ada hubungan sementara antara vaksinasi dan kematian. Ada begitu banyak hal yang masih belum kami ketahui untuk membuat kesimpulan tentang dua kasus ini,” ungkap Sakamoto dikutip dari Reuters.

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id