Jumlah Korban Erupsi Gunung Selandia Baru jadi 16 Jiwa

    Marcheilla Ariesta - 12 Desember 2019 08:42 WIB
    Jumlah Korban Erupsi Gunung Selandia Baru jadi 16 Jiwa
    Korban tewas akibat letusan Gunung White Island bertambah menjadi 16 jiwa. Foto: AFP
    Wellington: Pihak berwenang Selandia Baru mengatakan korban erupsi White Island bertambah menjadi 16 orang. Kemungkinan korban masih akan bertambah karena masih ada orang hilang setelah gunung meletus awal pekan ini.

    "Dua orang yang tewas merupakan korban terluka yang dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis," kata pihak berwenang dalam pernyataan mereka, dilansir dari Fox News, Kamis 12 Desember 2019.

    Erupsi di White Island pada Senin kemarin berujung pada tewasnya enam orang, dengan delapan lainnya dinyatakan hilang. Kedelapan orang itu diasumsikan sudah meninggal, namun masih berada di sekitar lokasi kejadian.

    Sementara dua orang tewas usai dirawat. Sekitar 28 orang masih dirawat di rumah sakit, 23 diantaranya dalam kondisi kritis.

    Sebanyak 26 pasien mengalami luka bakar hingga 30 persen dari tubuh mereka. Sementara dua lainnya mengalami luka bakar lebih dari 90 persen.

    Presiden dari Australasian College for Emergency Medicine John Bonning mengatakan, dia bisa mencium bau belerang pada pakaian para korban ketika dia mendorong pasien ke Rumah Sakit Waikato usai letusan.

    "Itu mengerikan, sangat mengerikan," kata Bonning.

    Australia mengirim pesawat militer untuk membawa beberapa warganya yang terluka kembali ke negaranya agar mendapat perawatan medis khusus. Mereka diperkirakan akan diangkut ke negara bagian New South Wales atau Victoria mulai hari ini.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id