Seniman AS Ajak Masyarakat Jaga Terumbu Karang

    Sonya Michaella - 22 Oktober 2019 14:08 WIB
    Seniman AS Ajak Masyarakat Jaga Terumbu Karang
    Courtney Mattison, seorang seniman asal Amerika Serikat (AS) mengajak untuk jaga terumbu karang. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
    Jakarta: Perubahan iklim menjadi salah satu penyebab rusaknya terumbu karang di Indonesia. Padahal, Indonesia termasuk negara yang memiliki ekosistem terumbu karang paling luas di dunia. 

    Courtney Mattison, seorang seniman asal Amerika Serikat (AS) mengajak masyarakat dunia, khususnya yang tinggal di negara dengan ekosistem terumbu karang yang luas, untuk menjaga ekosistem tersebut. 

    “Banyak langkah yang bisa kita lakukan untuk menjaga ekosistem terumbu karang seperti mulai mengurangi penggunaan plastik, pengurangan memakan daging dan ikan,” kata Mattison, di Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

    Lewat karyanya, Mattison juga mengajak masyarakat dunia yang gemar menyelam agar tidak sembarangan menyentuh terumbu karang di laut.

    “Terumbu karang di Indonesia termasuk terumbu karang yang sangat bagus. Saya sudah pernah menyelam di Raja Ampat, Komodo, dan Bali. Kondisi ini menjadi salah satu yang menginspirasi saya membuat karya ini,” ujarnya.

    Karya Mattison saat ini dipamerkan di Kedutaan Besar AS di Jakarta. Karyanya terbuat dari keramik, yang menurutnya juga rentan rusak, sama seperti terumbu karang. 

    “Keramik adalah material yang bagus untuk membuat karya seni. Namun keramik mudah pecah dan rusak. Sama seperti terumbu karang. Jadi ini merupakan simbol bahwa terumbu karang harus kita jaga,” ungkap Mattison lagi.

    Menurut data dari Greenpeace, luas terumbu karang di Indonesia mencapai 50.875 kilometer persegi di mana ekosistem ini menyumbang 18 persen luas total terumbu karang dunia dan 65 persen luas total Coral Triangle. 

    Sebagian besar terumbu karang ini berlokasi di bagian timur Indonesia. Terumbu karang Indonesia memiki berbagai macam keanekaragaman hayati, tercatat ada lebih kurang 590 spesies karang keras, 76 yang mewakili lebih dari 95 persen jumlah spesies yang tercatat di Coral Triangle.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id