Indonesia Bisa Memainkan Peran Perdamaian Semenanjung Korea

    Sonya Michaella - 18 September 2019 16:04 WIB
    Indonesia Bisa Memainkan Peran Perdamaian Semenanjung Korea
    Zona demiliterisasi yang membatasi Korea Selatan dan Korea Utara. Foto: AFP
    Jakarta: Indonesia dianggap bisa memainkan peran untuk perdamaian Semenanjung Korea. Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Santo Darmosumarto mengatakan, Indonesia memiliki kemampuan tersebut.

    “Indonesia bisa memainkan peran untuk perdamaian Semenanjung Korea. Di samping kita punya hubungan baik dengan Korea Selatan, kita juga punya hubungan bersejarah yang baik dengan Korea Utara,” kata Santo dalam acara Indonesia-Korea Conference 2019, Jakarta, Rabu 18 September 2019.

    Santo menyebut, ini keuntungan Indonesia jika memang nantinya Indonesia akan memainkan peran lebih untuk perdamaian dua Korea.

    “Untuk peran di ASEAN, Indonesia juga memiliki peran yang sangat besar yang tentu juga bisa memfasilitasi perdamaian Semenanjung Korea lewat ASEAN,” ungkapnya.

    Faktanya, lanjut Santo, dua pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un digelar di dua negara anggota ASEAN yaitu Singapura dan Vietnam.

    “Ini membuktikan bahwa Asia Tenggara itu mampu memfasilitasi dan menjadi tempat dialog bagi perdamaian Semenanjung Korea. Bukan tidak mungkin nanti Indonesia bisa menjadi lokasi selanjutnya pertemuan AS dan Korut,” tutur Santo lagi.

    Indonesia dan Korut sendiri memulai hubungan diplomatik pada 1961. Hubungan erat terus terjalin di bawah pemerintahan Presiden pertama RI Soekarno dengan pemimpin Korut saat itu Kim Il-sung.

    Meski nilai perdagangan Indonesia dan Korut tidak terlalu tinggi, namun Indonesia adalah satu dari sekian negara yang masih mempertahankan hubungan diplomatik dengan Korut dan memiliki perwakilan di Pyongyang. 



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id